Mohon tunggu...
Donita Sari
Donita Sari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pola Hidup Sehat Untuk "Meaningful Life"

20 September 2021   08:16 Diperbarui: 20 September 2021   08:40 88 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pola Hidup Sehat Untuk "Meaningful Life"
whatsapp-image-2021-09-20-at-07-42-22-6147e58b06310e20135eb972.jpeg

Penulis : Donita Sari

Seluruh masyarakat Indonesia tengah berupaya untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini. Dimana sampai saat ini Covid-19 masih terus menyebar di Indonesia, bahkan di seluruh negara di dunia. Virus yang berasal dari Wuhan, China telah merubah kehidupan yang ada di Indonesia, mempengaruhi tatanan sosial dan juga kegiatan masyarakat dalam berbagai sektor. Jika kita berbicara mengenai Covid-19 tidak akan ada habisnya, virus ini menyebar secara cepat dan penyebarannya dari satu individu ke individu lain, bahkan virus ini tidak memandang usia, menyerang dari anak-anak sampai yang tua.

Melihat penyebaran virus Covid-19 dan angka kematian pasien covid-19 pemerintah mulai melakukan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi hal tersebut. Kebijakan dari pemerintah yaitu seperti diberlakukannya karantina, PSBB, PPKM dan kebijakan-kebijakan lainnya. Selama pandemi Covid-19 dan masa diberlakukannya kebijakan pemerintah tersebut masyarakat seperti dibatasi ruang geraknya. Sehingga masyarakat sulit beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi yang terjadi saat ini sehingga sering kali merasa kehilangan motivasi dalam melakukan sesuatu karena keterbatasan tersebut. Ketika masyarakat sudah kehilangan motivasi dan sulit untuk beradaptasi maka akan menyebabkan kehilangan meaningful life dalam dirinya. Meaningful life atau hidup yang bermakna adalah corak kehidupan yang sarat dengan kegiatan, penghayatan, dan pengalaman-pengalaman bermakna, yang apabila hal itu terpenuhi akan menimbulkan perasaan-perasaan bahagia dalam kehidupan seseorang (Bastaman, 2007:55). Meaningful life juga tidak berbicara mengenai kehidupan yang bahagia dan penuh makna tetapi juga kehidupan yang berkualitas dan hidup yang sehat.

Untuk mendapatkan arti meaningful life kembali saat pandemi Covid-19 kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti mencari hal-hal, melakukan hobi, menyebarkan energi positif terhadap sesama, melakukan quality time dan juga mengatur pola hidup sehat.

Menurut Endang Susanti dan Nur Kholisoh dalam jurnalnya yang berjudul Kontruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta) menjelaskan bahwa gaya hidup yang dijalani seseorang dapat menentukan kualitas hidup dan kesehatan   tubuh. Seseorang yang memiliki gaya hidup  yang  positif  dan  pola  hidup  yang sehat cenderung memiliki kualitas hidup yang lebih memadai, begitu juga sebaliknya. Gaya hidup merupakan salah satu indikator  kualitas  hidup  seseorang. Seseorang yang memiliki gaya hidup sehat akan menjalankan kehidupannya dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan seperti makanan, pikiran, kebiasaan olahraga, dan lingkungan yang sehat.

Seperti yang disebutkan tadi bahwa meaningful life juga merupakan kehidupan yang berkualitas dan sehat maka melakukan gaya hidup sehat merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan meaningful life kembali ditengah-tengah pandemi seperti ini. Beberapa orang memaknai hidup sehat sebagai memiliki tubuh yang ideal, sehat seimbang jasmani dan rohani, beraktivitas tanpa hambatan, menjaga pola makan dan berolahraga, sehat akal dan pikiran, melaksanakan ibadah tanpa hambatan, bebas penyakit dan memiliki energi untuk beraktivitas.

Selain itu, banyak faktor yang memengaruhi gaya hidup sehat, salah satunya adalah konsep diri. Konsep diri meliputi pikiran, dirinya sendiri dan juga masyarakat. Pikiran adalah kemampuan untuk menggunakan simbol yang mempunyai makna sosial yang sama dan pengembangannya melalui cara berinteraksi dengan orang lain. Dengan simbol-simbol tersebut seseorang dapat memanfaatkannya dengan baik untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga dapat menyiptakan kehidupan atau pola hidup yang sehat. Lalu, ketika diri sendiri sebagai objek, konsep diri memberikan arahan kepada seseorang untuk melakukan perubahan mengenai perilaku atau kebiasaan hidup tidak sehat menjadi pola hidup sehat. Kemudian, masyarakat bisa menjadi motivasi diri seseorang untuk melakukan pola hidup sehat ataupun sebaliknya, seseorang yang sudah melakukan pola hidup sehat bisa menjadi motivasi orang-orang disekitarnya untuk melakukan pola hidup sehat.

Untuk memiliki pola hidup sehat hal yang dilakukan tidak hanya berolahraga tetapi juga mengatur pola makan, dan mengatur pola hidup. Memiliki pola hidup yang sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, berkurangnya keluhan penyakit yang mereka alami, menghilangkan stress, dan membuat tubuh menjadi ideal dan sehat.

Ketika pola makan, pola hidup, olahraga, beribadah dan juga kegiatan lain sudah kita lakukan seimbang ditengah pandemi seperti saat ini maka kita sudah menemukan arti dari meaningful life kembali.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan