Mohon tunggu...
Doni Fernando
Doni Fernando Mohon Tunggu... Koki - Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

📚Mahasiswa Penerima Beasiswa Kemndikbud RI Program Studi D4 Perhotelan STP Trisakti 🥉3rd Winner LKS 2019 of Patisserie and Confectionery di DI Yogyakarta "Blogging is hard because of the grind required to stay intresting and relevant"

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

[Belajar Baking] Tips Baking Swiss Roll Cake

9 Juli 2021   14:34 Diperbarui: 20 Juli 2021   18:57 60 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Belajar Baking] Tips Baking Swiss Roll Cake
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hai teman teman,  aku Doni Fernando mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sekaligus penerima Awardee Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud. Tulisan ini  juga sebagai salah satu syarat laporan yang akan saya serahkan, selamat membaca :)

Halo teman teman, hari ini aku bakalan bagi tips cara mebuat roll cake agar mudah digulung anti patah.

Pasti teman teman baking yang pernah buat roll cake pernanh ngalamin roll cake yang di gulung patah atau retak retak, pasti sebel banget kan. Untuk itu aku bakalan kasih tip simple biar roll cake tidak mudah patah. langsung aja tanpa basa basi panjang lagi bacah di bawah ya :)

1. Suhu Panggang Cake

biasanya untuk memanggang roll cake harus matang secara merata, suhu yang biasa aku gunakan adalah 200 derajat celcius, dengan tujuan agar roll cake tetap moist dan masak secara merata. Roll cake yang kurang matang lebih sulit di gulung dikarenakan cake masih lembab dan tidak kokoh .

2. Menggulung Cake dalam keadaan hangat

Menggulung cake dalam keadaan sudah dingin bisa bisa saja, tetapi menggulung pada saat cake masih hangat lebih mudah dan lebih empuk, cake lebih nurut saat di gulung sehingga cake tidak gampang pecah ataupun retak

3. Filling secukupnya

filing bisa menggunakan whipp cream dicampur dengan perisa atau whipcream saja, isi filing secukupnya agar mudah di gulung, jika mengisi terlalu banyak cream cake bisa pecah atau filing keluar karena tidak tergulung dengan cake

4. Ukuran Cake yang Pas

Biasa nya untuk mebuat roll cake dirumah dapat mengguanakan loyang 30 x 30, dengan ukuran loyang segini kiat bisa mendapatkan 2 balok roll cake.

5. Penggunaan Jam atau Selai

Untuk penambahan rasa kita bisa menggunakan jam atau selai, jam atau selai juga bisa menjadi perekat roll cake agar tidak mudah terlepas saat di gulung, tekstur jam atau selai yang lengket membuat ujung cake dan ujung cake lainya menyatu sehingga merekat.

6. Menggulung Dengan kain atau Kertas roti

menggulung menggunakan kain lebih baik daripada menggunakan kertas roti(opini saya) karena kain tidak menyebabkan kulit swiss roll lengket sehingga tetap menempel pada cake yang memberikan kesan halus dan rapi.

7. Proses Penyimpanan Roll Cake

saat setelah selesai diisi dan di gulung simpan roll cake di chiller kuarng lebih 3 jam agar tetap kaku, dan keluarkan 1 jam sebelumnya agar lebih mudah disantap atau di potong

dan kali ini aku bakalan bagi resep pembuatan swiss roll

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x