Mohon tunggu...
Doni Hariandi
Doni Hariandi Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Universitas Andalas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ulos Sebagai Warisan Budaya yang Penuh Keindahan

16 November 2023   09:48 Diperbarui: 16 November 2023   10:31 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Ulos Sumatera Utara (Sumber: shutterstock.com)

Ulos Sumatera Utara memiliki sejarah yang panjang dan mendalam. Ulos berasal dari kata dalam bahasa Batak yang berarti "kain". Pembuatan ulos telah menjadi tradisi turun temurun di kalangan suku Batak. 

Zaman dahulu nenek moyang suku Batak adalah manusia-manusia gunung. Hal ini disebabkan kebiasaan mereka tinggal dan berladang di kawasan pegunungan. Dengan mendiami dataran tinggi berarti mereka harus siap berperang melawan dinginnya cuaca yang menusuk tulang. Dari situlah, ulos mulai ditemukan dan dibuat.

Ulos merupakan kain tenun khas Batak yang berbentuk selendang. Kain ini melambangkan ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak-anaknya. Selain sebagai simbol ikatan antara orangtua dan anak, Ulos juga digunakan untuk menghangatkan badan. Ulos dikenal sebagai busana turun-temurun yang telah dikembangkan masyarakat Batak, Sumatera Utara.

Sejak zaman dahulu, ulos digunakan dalam berbagai acara adat, ritual keagamaan, dan upacara pernikahan. Ulos juga sering dijadikan sebagai hadiah untuk tamu penting atau sebagai lambang status sosial dalam masyarakat Batak. . Ulos dianggap sebagai simbol kehormatan, keberuntungan, dan perlindungan dari roh-roh leluhur. 

Ulos memiliki beragam kegunaan dalam budaya Batak. Salah satunya adalah sebagai hadiah dalam upacara adat, pernikahan, dan acara penting lainnya. Ulos juga digunakan sebagai hiasan dirumah dan pakaian tradisional dalam budaya Batak. Selain itu, ulos juga sering digunakan dalam ritual keagamaan sebagai simbol penghormatan kepada leluhur.

Keunikan Ulos Sumatera Utara

Ulos Sumatera Utara memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari kain tradisional lainnya di Indonesia. Salah satu ciri khas utama ulos adalah motif-motifnya yang rumit dan penuh makna. 

Setiap motif ulos memiliki arti simbolis yang mendalam, mencerminkan kepercayaan, nilai-nilai budaya, dan sejarah masyarakat Batak. Beberapa motif ulos yang terkenal antara lain motif ragi hotang (bintang), motif ragi idup (rumah), dan motif ragi hulahula (pohon kehidupan).

Ulos Ragihotang, memiliki motif bintang yang melambangkan kehidupan, keberanian, dan keberuntungan. Ulos ragihotang sering digunakan dalam acara-acara adat dan upacara keagamaan.

Ulos Ragi Idup, memiliki motif rumah tradisional Batak yang melambangkan keharmonisan dan keutuhan keluarga. Ulos ragi idup sering digunakan dalam upacara pernikahan dan acara keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun