Mohon tunggu...
Dona Sandra
Dona Sandra Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Media

Multimedia, Gerbang Baru Dunia Jurnalistik

12 Februari 2019   17:22 Diperbarui: 12 Februari 2019   18:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Multimedia, Gerbang Baru Dunia Jurnalistik
Media Online di Indonesia, via Google Images

Jurnalisme online saat ini sudah sangat berkembang. Seolah menghubungkan segala sesuatu yang ada di dunia secara online, banyak media bisa diakses agar setiap orang dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di luar lingkungannya. Perubahan pun terjadi didalamnya, sesuai dengan perkembangan jaringan internet itu sendiri.

Tak hanya menyajikan informasi berbentuk teks, media online juga mengubah formasi penyajiannya agar terlihat lebih menarik. Perubahan ini disebut multimedia. Lalu bagaimana ciri-cirinya? Simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Multimedia?

Multimedia merupakan kombinasi lebih dari dua media berbeda dalam satu platform yang sama. Penggabungan ini bisa dari teks, foto, audio, atau video. Semakin canggih paltform yang dipakai, maka semakin banyak media yang dapat tergabung di dalamnya.

Di era sekarang, media online secara konsisten menjadi website multimedia yang sangat mudah diakses. Contohnya seperti tribunnews.com, detik.com, metrotvnews.com, merdeka.com, majalah.tempo.co, cosmopolitian.co.id, dan masih banyak lagi.

Dengan sifatnya yang multimedia, platform online akhirnya melahirkan interaksi dengan para penggunanya. Interaktifitas ini bukan hanya berwujud aksi meng'klik' apa yang ada di dalam website, tapi pengguna juga dapat terhubung dengan bagian lain dan bahkan ikut mengutarakan opini dalam platform yang sama.

Ciri-ciri Multimedia

1. Teks tak hanya untuk koran.

Dalam satu platform, teks tidak selalu berarti koran. Bahkan pada beberapa website mancanegara, website radio juga bisa berisi teks. Teks-teks berita atau cerita disajikan dengan dilengkapi foto atau video, dan tentu saja audio dari penyiar.

Website iradiofm.com
Website iradiofm.com
2. Video bukan berarti televisi.

Media online di era digital juga berisi video-video yang dapat mendukung kelengkapan informasi. Bukan hanya media televisi yang menyediakan, tapi juga media-media lain seperti koran atau radio.

website tribunnews.com
website tribunnews.com
3. Audio bukan hanya milik radio.

Dengan munculnya internet dan segala aplikasi yang berguna mendukung aktivitas, podcast atau siaran audio menjadi tren baru di internet. Penyiar tak selalu memiliki studio atau bahkan radio secara resmi. Cukup dengan merekam audio secara individu lalu diunggah ke dalam website.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x