Mohon tunggu...
Rahma dona
Rahma dona Mohon Tunggu... Wiraswasta - wiraswasta

http://donasaurus.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Jejak Karbon dan Net-Zero Emissions

19 Oktober 2021   00:18 Diperbarui: 19 Oktober 2021   00:20 55 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat  melangkah ke depan, kita meninggalkan jejak di belakang.Jejak  akan  hilang tak berbekas, tersapu angin  atau  dihapus  air. Tapi ada  juga  jejak, yang  gak mau  hilang. Alih -- alih  menjadi masa lalu, jejak ini malah  terus membuntuti. Jejak  unik ini  namanya Carbon Footprint - jejak karbon.

Dalam jumlah yang pas karbon penting, untuk kehidupan di bumi. Secara alamiah senyawa  karbon, diserap  lingkungan atau  terurai dengan sendirinya.

Bumi menggunakan  panas  karbon, untuk  menjaga suhu  tetap hangat. Sementara  tumbuhan menyerap  karbon, untuk tumbuh kembang  dan proses  photo sintesis.

Karbon mulai jadi masalah saat jumlahnya, melebihi  kemampuan  alam untuk menyerap dan mengurainya.Kumpulan  karbon   yang  menebal di atmosfir,disebut  gas rumah kaca.Gas rumah kaca menahan  panas, dari  radiasi  ultraviolet  yang mencapai bumi.

Sehingga panas yang mestinya, dipantulkan kembali ke luar angkasa. Akhirnya terjebak di atmosfir bumi.Blokade  gas rumah kaca  yang menahan panas itu ,disebut efek rumah kaca.

Analogi populer untuk  menjelaskan  efek rumah kaca,adalah  seperti duduk di dalam mobil, yang sedang parkir dengan pintu dan jendela tertutup.  Terasa panas ,sesak  dan berkeringat

Panas yang tertahan di atmosfir, menyebabkan suhu dipermukaan bumi meningkat. Mencairnya es di kutub, meningkatnya permukaan air laut,dan rusaknya ekosistem laut. Menimbulkan  rasa cemas, bahwa bumi tidak lagi  layak untuk dihuni manusia.

Menuju Net-Zero Emmisions

mill-gf8bda5bc7-640-616dab5306310e76151e5d62.jpg
mill-gf8bda5bc7-640-616dab5306310e76151e5d62.jpg

Perubahan ikllim  sudah  jadi isue lingkungan internasional. Indonesia  ikut  menandatangani kesepakatan,Pengendalian Perubahan Ikllim ( Paris Agreement). Net-Zero Emisions (NZE)  salah satu point yang harus dilakukan, untuk menggendalikan  perubahan iklim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan