Mohon tunggu...
Rahma dona
Rahma dona Mohon Tunggu... wiraswasta

http://donasaurus.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Uji Kompetensi Pemandu Wisata Gunung Sumatra Selatan

27 April 2019   19:02 Diperbarui: 27 April 2019   19:27 461 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Uji Kompetensi Pemandu Wisata Gunung  Sumatra Selatan
Sofyan Arif Fesa - Ketua Divisi Sertifikasi APGI

Sering mendaki gunung  dan  melewati lembah  tidak  membuat Ninja Hatori,berhak memproklamirkan diri sebagai pemandu wisata petualangan. Hatori harus ikut uji kompetensi, untuk mendapat sertifikat pemandu wisata petualangan.

Wisata petualangan menjadi pilihan dikembangkan,daerah yang terbatas fasilitas amenitas bagi wisatawan.Berbanding terbalik dengan kebutuhan,amenitas yang minimalis.Wisata petualangan membutuhkan, sumber daya manusia  dalam kapasitas maksimal.

Menjadi pemandu wisata (guide) apalagi guide wisata petualangan, tidak se glamour kelihatanya. Eksplorasi dan petualangan, adalah perjalanan mengandung resiko. Diperlukan pemandu yang kompeten,untuk menangani wisatawan petualang

dok.Asdep Pengembangan Wisata Alam - Kemenpar
dok.Asdep Pengembangan Wisata Alam - Kemenpar

Sebagai negara yang berpotensi menjadi surga wisata petualangan,penting banget untuk melakukan standarisasi  kompetensi SDM pemandu wisata petualangan.

Memberi lisensi atau sertifikasi bagi pemandu wisata gunung, punya tantangan tersendiri. Tidak seperti pemandu wisata masal, yang sudah punya Himpunan Pemandu wisata Indonesia sejak tahun 1988. Asosiasi pemandu gunung Indonesia baru berdiri pada 15 januari 2016. ASPGI bertujuan meningkatkan profesionalitas, pemandu gunung di Indonesia sesuai standar nasional maupun internasional. Lebih jelas tentang ASPGI bisa berkunjung disini

Diusia yang baru beberapa tahun ini, APGI sudah melakukan terobosan penting. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan teknis dan uji kompetensi bagi pemandu gunung Indonesia.

dok.APGI
dok.APGI

Sebagai upaya mempersiapkan Sumatra Selatan, menjadi  tujuan wisata petualangan. Kebutuhan akan pemandu gunung berlisensi, sudah sangat mendesak. Sebagai Informasi sampai dengan April 2019, baru dua pemandu gunung sumsel yang mempunyai lisensi resmi Pemandu Gunung.

Para pemandu gunung di Sumatra Selatan, beruntung banget karena 24 April 2019 lalu, Kementrian Pariwisata dan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia - mengadakan  Bimbingan Teknis dan  Sertifikasi Pemandu Gunung di Palembang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x