Mohon tunggu...
Donald Siwabessy
Donald Siwabessy Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Olahraga Bersama Sambil Menjalin Persaudaraan Melalui PORDB Cimahi

6 Mei 2024   05:36 Diperbarui: 7 Mei 2024   09:15 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Olahraga bersama Di Komplek Lapangan Olahraga Brigif Cimahi (Sumber: Pak Istakri Photo)

"Banyak dampak positif yang saya rasakan selain sehat secara jasmani karena tetap berolahraga di usia seperti sekarang, juga senang dan terhibur karena punya banyak saudara, bisa saling sharing bertukar pengalaman satu dengan yang lain!" 

"Selamat pagi pak, apa kabar pagi ini?"

"Alhamdulilah, sebagaimana Anda lihat, tetap sehat dan masih berolahraga pagi ini!"

Saya membuka percakapan ringan dengan seorang bapak bernama pak Djimin, di Sabtu pagi yang cerah, tanggal 27 April 2024, dua pekan lalu di kompleks lapangan olahraga Brigif Cimahi, Jawa Barat.

Pak Djimin, seorang purnawiran TNI AD, berusia 86 tahun, berdomisili di Cimahi, adalah anggota sebuah organisasi masyarakat bernama PORDB Cimahi. Pagi itu ia nampak bersemangat memulai aktifitasnya dengan berolahraga bersama teman-temannya anggota PORDB.

PORDB adalah singakatan dari Persaudaraan Olahraga Di Brigif. Nama Brigrif digunakan untuk menunjuk pada lokasi yang biasa digunakan untuk berolahraga, tepatnya lapangan olahraga Brigif Cimahi.

Dalam artikel saya sebelumnya bertajuk, "Membantu Orang Tua Berkondisi Emptynest", tayang 24 Januari 2024. Saya mengemukakan salah satu langkah menolong orang tua berkondisi emptynest, yaitu dengan cara anak mendorong orang tua mereka terlibat dalam organisasi yang beranggota para orang tua berusia lanjut.

Kunjungan Salah Satu Anggota Yang Sakit (Sumber: Pak Istakri Photo)
Kunjungan Salah Satu Anggota Yang Sakit (Sumber: Pak Istakri Photo)

Melalui keterlibatan dalam organisasi tersebut diharapkan rasa kesepian hidup orang tua dapat dialihkan dengan aktivitas-aktivitas yang berguna bagi dirinya dan orang lain. Hal itu juga dapat mengalihkan intimasi yang hilang dalam keluarga pada hubungan sosial yang akrab dengan teman sebaya yang lain.

Organisasi semacam itu dalam artikel tersebut saya contohkan, misalnya organisasi di Cimahi yang menghimpun para orang tua untuk beraktifitas olahraga bersama. Walau tak menyebutkan nama dalam artikel itu, sesungguhnya yang saya maksudkan adalah PORDB Cimahi . Namun di artikel itu saya tak bermaksud mengatakan bahwa para orang tua anggota PORDB Cimahi mengalami empthynes, saya hanya mencontohkan bentuk organisasi yang menghimpun para orang tua.

Saat berolahraga hari Sabtu pagi kemarin (04/052024), saya berkesempatan bertemu kembali dengan para orang tua yang selalu terlihat akrab saat bersama berolahraga itu. Kesempatan itu saya gunakan untuk mengenal lebih jauh organisasi PORDB Cimahi. Yang kemudian ingin saya ceritakan dalam artikel ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun