Mohon tunggu...
Donald Siwabessy
Donald Siwabessy Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Music

Lagu Arti Kehadiran Mu dan Cerita Uniknya di Awal Tahun 2024

1 Januari 2024   23:44 Diperbarui: 2 Januari 2024   10:39 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Arti Kehadiran Mu (Sumber: Freepik.com)

Lagu Arti Kehadiran-Mu Dan Cerita Uniknya Di Awal Tahun 2024

Mengawali tahun 2024 di hari pertamanya, saya bertemu dan mewawancarai seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu bertema religious atau rohani Kristen bernama Jonathan Prawira. 

Bagaimana caranya hingga saya bisa bertemu dan mewawancarainya? Kita sisihkan dulu, nanti dibagian akhir akan saya ceritakan.

Mungkin tak banyak yang mengenal Jonathan Prawira. Namun bagi mereka penyuka lagu-lagu bertema religious Kristen, pasti tak asing lagu-lagu yang populer di awal tahun 2000, seperti: Sungguh Indah Kau Tuhan. Mujizat Itu Nyata. Atau lagu Arti Kehadiran Mu. Itulah sebagian lagu yang diciptakan Jonathan Prawira.

Jonathan Prawira sebagaimana diakuinya sendiri, tak mahir memainkan alat musik, termasuk menulis notasi atau membuat not pada lagunya. Namun ia dikenal sebagai seorang song writer atau pencipta lagu rohani Kristen yang produktif. Pertengahan tahun 2008 misalnya, lagu-lagu ciptaannya sudah berjumlah 2.500 buah.

Hari ini saya berkesempatan menemui dan mewawancarainya seputar karier dan proses kreatifnya dalam menciptakan lagu.

Saya (S): "Bro Jon, terimakasih untuk kesediaan Anda diwawancarai saat ini.   Langsung saja, Anda dikenal selama ini sebagai seorang pencipta lagu rohani Kristen. Boleh tahu, sejak kapan mulai menciptakan lagu?"

Jonathan (J): "Sama-sama. Oke, saya mulai mencipta lagu sejak tahun 1989. Tapi saat itu lagu-lagu yang saya cipta hanya dinyanyikan di kalangan gereja saya sendiri."

S : "Kapan karya Anda mulai ditawarkan pada produser dan direkam?"

J : "Sebenarnya sejak mencipta lagu tahun 1989, sejak itu saya sudah mulai menawarkan karya saya ke beberapa produser lagu rohani Kristen, namun baru tahun 1996 untuk pertama kali lagu saya diterima dan masuk dapur rekaman."

S : "Masih ingat kira-kira lagu judul apa dan siapa yang kemudian menyanyikannya?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun