Mohon tunggu...
Wimpie Fernandez
Wimpie Fernandez Mohon Tunggu... Tak harus kencang untuk berlari

Penulis lepas

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Nostalgia Allenatore Muda dengan Sang Maestro

20 Oktober 2020   12:14 Diperbarui: 20 Oktober 2020   12:41 51 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia Allenatore Muda dengan Sang Maestro
Mircea Lucescu akan berjumpa dengan mantan anak didiknya Andrea Pirlo dalam pertandingan pembuka Liga Champions 2020/2021 malam nanti. | Sumber: Mircea Lucescu/AFP/JASPER JACOBS via Mediaindonesia.com | Andrea Pirlo @juventusfcen

Andrea Pirlo masih mengingat sosok Mircea Lucescu. Mantan pemain Timnas Rumania merupakan salah satu orang yang berjasa bagi perjalanan karir Pirlo sebagai pemain sepak bola.

Kala itu, Pirlo memperkuat klub Italia, Brescia. Usianya masih 15 tahun tapi sudah mendapat kepercayaan menjadi pemain utama dari Lucescu. Momen itulah yang membuat Pirlo tak bisa melupakan sosok Lucescu.

Di satu sisi, Pirlo juga mengenal baik pribadi serta karakter luar dalam dengan pelatih yang kini berusia 75 tahun. Baginya, Lucesca merupakan juru racik sarat akan pengalaman. Memulai karir sebagai pelatih tahun 1981 hingga saat ini, pengalaman Lucescu tak perlu diragukan. Dirinya sudah malang melintang melatih beberapa klub di beberapa negara termasuk Italia.

Kurang lebih 24 tahun-- tepatnya ketika Lucescu meninggalkan Brescia tahun 1996, keduanya tak lagi berjumpa. Kini, mereka dipertemukan kembali. Statusnya bukan guru vs murid, melainkan maestro melawan allenatore muda.

Ya, keduanya dipertemukan dalam pertandingan perdana liga champions musim 2020/2021. Dynamo Kiyv menjamu Juventus di stadion NSK Olimpijs'kyj pada (20/10) malam nanti waktu setempat. Mereka tergabung dalam grup G bersama Barcelona dan Ferencvaros.

Pertemuan dengan maestro Lucesca menjadi tantangan tersendiri bagi Pirlo. Lucesca yang sempat melatih beberapa klub Italia termasuk Inter Milan, paham betul gaya sepak bola Italia. Hal serupa juga dialami Pirlo yang juga mengenal karakter serta gaya permainan Lucescu dulu dan sekarang.  

"Ini akan menjadi tantangan yang bagus di antara kita besok. Masing-masing dari kita akan berusaha memainkan kartu kita dengan cara terbaik," ungkap pemenang trofi Piala Dunia 2006 itu dikutip dari laman resmi juventus.com

Tanpa Ronaldo Juve Tetap Garang

Selain nostalgia pertemuan kedua pelatih, Si Nyonya Tua -- julukan Juventus tidak diperkuat sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Pemain Timnas Portugal itu dinyakan positif virus corona usai menjalani pertandingan melawan Prancis dalam ajang UEFA Nation League beberapa waktu lalu. Kini, Ronaldo masih menjalani masa pemulihan atau isoalasi mandiri di Portugal.

Meski tak diperkuat Ronaldo, Pirlo tidak bingung. Juve masih memiliki banyak stok penyerang yang mampu menggantikan posisi Ronaldo. Penyerang Alvaro Moratta yang baru didatangkan dari Atletico Madrid siap bermain dengan kondisi fit. Pemain lain Paulo Dybala yang saat ini kondisi fisiknya masih belum fit, besar kemungkinan masuk dalam daftar starting eleven melawan Kiyv nanti malam.

Selain kedua nama tersebut, masih ada beberapa nama yang layak dipasang dalam pertandingan malam nanti salah satunya rekrutan anyar Federico Chiesa. Pemain muda asal Italia itu siap bermain mengingat penampilannya saat melawan Crotone cukup menawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN