Mohon tunggu...
Shinta Julita
Shinta Julita Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya seorang introvert yang senang sendiri tapi juga takut kesepian. Saya suka belajar bahasa dan ingin belajar membuat karya-karya yang bermanfaat. Saya suka konten edukasi dan menghibur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jadi Mahasiswa Baru? Ini Tips Buat Kamu

1 Desember 2022   10:30 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:31 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 Kita tahu, menjadi mahasiswa baru butuh penyesuaian diri dengan lingkungan baru, supaya perannya sebagai mahasiswa berjalan lancar. 

 Nah, bagi kamu mahasiswa baru, Dominguer ada tips buat kamu terapkan selama jadi mahasiswa. Simak, yah! 

 

Kenali Lingkungan Kampus

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali lingkungan kampus, mengetahui aturan dan peraturan yang berlaku di kampus, program studi, kelas maupun aturan setiap dosen pengampu. Ini wajib, supaya kedepannya kamu tidak melakukan kesalahan yang melanggar aturan dan peraturan yang sudah dibuat. 

Bergaul dengan Banyak Teman

Kamu bisa bergaul dengan banyak mahasiswa dari berbagai jurusan dan tingkatan. Ini akan membuat relasi pertemannanmu bertambah. Dan akan sangat berguna juga saat kamu butuh teman berdiskusi tentang pelajaran, hobi, pekerjaan bahkan saat lulus nanti, relaimu akan sangat berguna. 

Menemukan Gaya Belajar yang Cocok

Ya, kamu harus bisa menemukan gaya belajar yang cocok untukmu supaya saat tugas kuliahmu menumpuk pun kamu akan siap. Kamu dapat menyetel lagu kesukaan kalian, belajar bareng dengan teman, belajar di tempat sunyi atau taman. Pokoknya, yang bikin semangat belajarmu bertambah dan tidak ngantuk. 

Membuat Catatan

Saat kamu mencatat materi yang dijelaskan dosen, setidaknya pasti akan ada yang kamu ingat dalam memori. Atau jika bisa, kamu tidak hnya menghafalnya, tetapi memahami materi. Tidak perlu mencatat semua materi yang dijelaskan, cukup mendengarkan, cerna, pahami lalu catat dengan bahasa sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun