Mohon tunggu...
Iwan Berri Prima
Iwan Berri Prima Mohon Tunggu... Dokter - Pejabat Otoritas Veteriner

Seorang Dokter Hewan | Diidentifikasi oleh Google sebagai Pengarang | Pejabat Eselon III di Pemda

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Delapan Upaya Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Menjaga Lingkungan

23 Januari 2024   06:05 Diperbarui: 23 Januari 2024   06:13 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pelestarian Lingkungan (Sumber gambar: pixabay.com)

Meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan merupakan tugas kita bersama. Oleh sebab itu, persoalan lingkungan sejatinya bukan hanya persoalan pemerintah semata, tetapi juga persoalan kita semua. Pemerintah bisa berganti, namun kita yang tinggal di sebuah lingkungan akan tetap lestari.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, beragam upaya dapat kita lakukan. Upaya ini sebaiknya terus menerus dilaksanakan, diantaranya:

Pertama, Edukasi. Sosialisasikan informasi tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui kampanye, seminar, atau media sosial.

Kedua, Berikan Contoh Praktis. Tunjukkan tindakan positif dalam menjaga lingkungan, seperti membiasakan membuang sampah pada tempatnya, pengurangan sampah plastik atau partisipasi dalam kegiatan daur ulang.

Persoalan ini, masih kita temukan sebuah kendaraan membuang sampah sembarangan ke jalan raya. Padahal, jalan raya jelas bukan tempat sampah.

Ketiga, Keterlibatan Masyarakat. Ajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan bersama, seperti membersihkan pantai atau tanam pohon.

Keempat, Mendorong Pemerintah untuk Pro Terhadap Kebijakan Lingkungan. Caranya adalah dengan cara mendukung atau mempromosikan kebijakan yang mendukung pelestarian lingkungan di tingkat lokal maupun nasional. Selain itu, Dorong pemerintah untuk menerapkan kebijakan yang mendukung pelestarian lingkungan dan energi terbarukan.

Kelima, Teknologi Hijau. Promosikan penggunaan teknologi ramah lingkungan dan gaya hidup berkelanjutan.

Keenam, Kurangi Konsumsi Apapun secara Berlebihan. Ajarkan pentingnya mengurangi konsumsi barang-barang sekali pakai dan mendorong pola hidup minimalis.

Ketujuh, Melibatkan Partisipasi Sekolah. Libatkan sekolah dalam program pendidikan lingkungan untuk membentuk kesadaran sejak dini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun