Mohon tunggu...
Alya Dwi Arianty
Alya Dwi Arianty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pendidikan Kimia UNIMUS

Hobi saya menulis, saya ambisius, saya tertarik dengan bidang pendidikan dan psikologi

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Brown Canyon: Antara Pesona Alam dan Kesadaran Menjaga Lingkungan

6 Juni 2024   21:25 Diperbarui: 6 Juni 2024   21:57 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Terletak di Semarang, Jawa Tengah, Brown Canyon bukan sembarang tebing curam biasa. Bekas tambang tanah ini menjelma menjadi fenomena alam yang memukau, bagaikan Grand Canyon versi Indonesia. Keindahannya yang unik dan cerita menarik di baliknya membuat Brown Canyon menjadi daya tarik wisata yang tak terlupakan.

Bayangkan tebing-tebing curam berwarna coklat keemasan yang terukir oleh alam selama bertahun-tahun. Formasi batuan yang unik ini bagaikan lukisan raksasa di kanvas alam. Di bawahnya, terdapat kolam air yang berkilauan, menjadi oasis di tengah lanskap yang tandus. Pemandangan ini semakin dramatis saat matahari terbenam, menyelimuti Brown Canyon dengan cahaya keemasan yang mempesona.

Brown Canyon bukan hanya tentang keindahan alamnya. Di balik tebing-tebing megah ini, terdapat kisah panjang tentang penambangan tanah dan perjuangan manusia. Bekas tambang ini dulunya dikelola oleh keluarga besar dan menjadi sumber mata pencaharian bagi banyak orang. Kini, Brown Canyon telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi para penjelajah alam, Brown Canyon menawarkan berbagai aktivitas seru. Pengunjung dapat mendaki tebing-tebing curam, berenang di kolam renang yang ada di tengah pertambangan, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan. Bagi para pecinta fotografi, Brown Canyon adalah surga dengan berbagai spot foto yang instagramable.

Sebagai mahasiswa Pendidikan Kimia, kunjungan ke Brown Canyon bukan hanya tentang menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Di balik pesonanya, terbentang cerita panjang tentang penambangan tanah dan dampaknya terhadap lingkungan.

Di satu sisi, Brown Canyon adalah bukti nyata kekuatan alam dalam memahat karya seni yang luar biasa. Formasi batuan yang unik dan kolam air alami memukau mata dan membangkitkan rasa kagum. Namun, di sisi lain, tambang ini merupakan bekas luka di bumi yang menjadi pengingat akan eksploitasi alam tanpa henti.

Bagi saya yang seorang mahasiswa Kimia, Brown Canyon menghadirkan dilema moral. Di satu sisi, kita terpesona oleh keindahan alamnya. Di sisi lain, kita memahami dampak negatif penambangan terhadap lingkungan. Kita dihadapkan pada pertanyaan: bagaimana kita bisa menikmati keindahan ini tanpa mengabaikan konsekuensinya?

Kunjungan ke Brown Canyon dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa Kimia untuk belajar tentang keseimbangan antara eksploitasi alam dan kelestarian lingkungan. Kita dapat mempelajari proses penambangan, dampaknya terhadap lingkungan, dan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kerusakan.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi
Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Fakta Menarik Brown Canyon

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun