Mohon tunggu...
Muhammad Dodi Kuncoro Jati
Muhammad Dodi Kuncoro Jati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mantap

Jujur tanamkan sejak dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembuatan dan Pemasaran Hand Sanitizer Alami dan Poster Covid-19

16 September 2021   18:50 Diperbarui: 16 September 2021   18:52 86 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembuatan dan Pemasaran Hand Sanitizer Alami dan Poster Covid-19
Dokumen pribadi

Program Kerja

Universitas Jember kembali mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) dengan tema Back To Vilage dan KKN BTV kali ini memasuki periode ke-3. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN ) Back To Vilage 3 atau yang lebih dikenal sebagai KKN pulang kampung ini merupakan salah satu upaya agar mahasiswa tetap dapat melakukan kewajiban akademiknya serta dapat terjun ke masyarakat dengan berbagai bidang keilmuwan untuk mengatasi permasalahan yang ada terutama dimasa pandemi saat ini. 

Pandemi Covid -19 yang masih melanda berbagai penjuru dunia temasuk Indonesia, menyebabkan berbagai permasalahan di berbagai kalangan masyarakat. 

Pada sistem KKN BTV III ini, mahasiswa dapat menjalankan KKN di daerah masing - masing dengan harapan dapat membantu mengatasi permasalahan masyarakat di daerahnya akibat adanya pandemi Covid - 19. Saya adalah salah satu mahasiswa yang melakukan KKN pulang kampung. Sasaran KKN saya kali ini adalah bapak Khair, seorang warga yang tinggal di daerah sekitar tempat tinggal saya.

Pada minggu pertama program kerja yang saya lakukan pertama kali adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi di lingkungan desa KKN. Masalah utama yang saya hadapi adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan. 

Ketika berada di tempat umum, misal di masjid atau di bengkel sering dijumpai masyarakat yang tidak memakai masker. Hal itu menggerakkan hati nurani saya untuk berkontribusi dalam KKN ini dengan melaksanakan proker saya. 

Proker KKN utama yang saya laksanakan adalah edukasi pencegahan covid-19 dengan handsanitizer alami dan poster covid-19. Setelah melakukan identifikasi masalah, saya berdiskusi dengan pak Khair untuk meminta izin agar beliau bersedia dimentori oleh saya.

Gambar 1. Identifikasi masalah dengan mitra sasaran/dokpri
Gambar 1. Identifikasi masalah dengan mitra sasaran/dokpri
Pada minggu kedua proker yang saya kerjakan adalah membuat handsanitizer alami dengan bahan daun sirih dan jeruk nipis. Pembuatannya tidak direbus tetapi di steam (stim) agar tidak merusak senyawa. 

Daun sirih secara alami memiliki zat aktif antibakteri. Di dalam daun sirih terdapat senyawa flavonoid, tanin senyawa bio aktif yang akan menghambat perkembangbiakan virus untuk membelah diri. 

Jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk pembuatan hand sanitizer karena memiliki komponen kimia seperti flavonoid, alkaloid, tanin, minyak atsiri, dan saponin yang mempunyai aktivitas antimikroba. Proses pembuatan handsanitizer ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan