Mohon tunggu...
Dodi Bayu Wijoseno
Dodi Bayu Wijoseno Mohon Tunggu... Belajar, membuat hidup lebih indah

Penyuka Sejarah, hiking dan olah raga

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

5 Fakta Maskapai EL AL, Maskapai Penerbangan dengan Keamanan Terketat di Dunia

21 November 2020   06:00 Diperbarui: 22 November 2020   22:10 2442 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Fakta Maskapai EL AL, Maskapai Penerbangan dengan Keamanan Terketat di Dunia
Pesawat-pesawat EL AL di Bandara Internasional Ben Gurion, Tel Aviv. Sumber gambar: Oyoyoy/wikimedia.org

Jika banyak maskapai penerbangan berlomba-lomba untuk menjadi maskapai terbaik dari segi kemewahan, kenyamanan, pelayanan ataupun kecepatan waktu sedikit agak berbeda dengan Maskapai EL AL yang menjadikan faktor keamanan sebagai faktor terpentingnya.

Maskapai EL AL adalah maskapai penerbangan milik Israel yang berbasis di Bandara Internasional Ben Gurion, Tel Aviv- Israel dan dikenal sebagai maskapai yang memiliki sistem keamanan paling ketat di dunia.

Bagi EL AL keamanan dalam penerbangan adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar. Sejumlah prosedur ketat harus dilalui oleh penumpang sebelum bisa memasuki kabin pesawat dan mungkin saja ketatnya prosedur keamanan tersebut bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian penumpang.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dalam penerbangannya karena dalam catatan sejarah sudah beberapa kali warga negara Israel menjadi sasaran serangan maupun penyanderaan oleh kelompok teroris. Kita semua sepakat bahwa mereka yang mengorbankan warga sipil yang tidak berdosa untuk mencapai tujuannya dengan apapun motifnya ataupun ideologinya adalah teroris. 

Maskapai EL AL hanya beroperasi dari bandara negara-negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel dan hanya melalui ruang udara negara-negara tersebut atau negara yang memberikan ijin khusus ruang udaranya boleh dilalui oleh pesawat-pesawat EL AL. Berikut 5 Fakta Maskapai Penerbangan EL AL , maskapai dengan keamanan terketat di dunia.

1. Arti Nama EL AL dan tujuan internasional pesawat

EL AL memiliki arti
EL AL memiliki arti "ke langit" atau "menuju angkasa". Sumber gambar: Magic Aviation/wikimedia.org

EL AL berasal dari sebuah frasa dalam bahasa Ibrani yang artinya "ke langit" atau "menuju ke angkasa". Maskapai EL AL didirikan pada tahun 1948 dan sebagaimana telah dijelaskan di awal bahwa Maskapai EL AL hanya beroperasi di bandara negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan hanya melalui ruang udara negara-negara tersebut atau negara yang secara khusus memberikan ijin ruang udaranya boleh dilalui oleh pesawat-pesawat EL AL, karenanya terkadang waktu tempuh pesawat EL AL ke suatu tujuan bisa lebih lama karena harus melalui rute yang memutar.

Sejumlah negara terutama yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel seperti sejumlah negara Arab, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, tidak mengijinkan pesawat EL AL melintasi ruang udaranya. Beberapa negara tujuan Internasional Maskapai EL AL diantaranya adalah: Eropa, Amerika, Afrika, Rusia serta beberapa negara Asia seperti: China, Hong Kong dan Thailand.

Namun, sejarah baru telah dimulai pada tanggal 31 Agustus 2020. Melansir informasi dari laman bbc.com dalam artikelnya yang berjudul "Israel and UAE in historic direct flight following peace deal" (2020), pada tanggal 31 Agustus 2020 yang lalu terjadi penerbangan pertama dalam sejarah Maskapai EL AL yang membawa delegasi Israel dan Amerika ke Abu Dhabi. Penerbangan perdana EL AL ke Abu Dhabi ini terjadi setelah disepakatinya perjanjian damai antara Israel dan Uni Emirat Arab.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pesawat EL AL mendarat di Abu Dhabi pada tanggal 31 Agustus 2020 lalu. Sumber gambar: bbc.com
Untuk pertama kalinya dalam sejarah pesawat EL AL mendarat di Abu Dhabi pada tanggal 31 Agustus 2020 lalu. Sumber gambar: bbc.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN