Pernah melihat iklan billboard yang membuat Anda kagum hingga tertarik mencari tahu lebih lanjut tentang perusahaan yang memajangnya?
Atau, pernah melihat iklan di televisi, selebaran, atau lainnya yang membuat Anda ingin membeli produk yang diiklankan itu?
Saya yakin, 99% masyarakat Indonesia yang hidup di perkotaan hingga desa pasti pernah melihat iklan. Dalam bentuk apapun.
Dan, iklan-iklan yang Anda konsumsi sehari-hari merupakan produk dari copywriting, ditata sedemikian rupa oleh copywriter.
Mungkin, sebagian dari Anda masih asing dengan apa itu copywriting dan apa saja yang diproduksinya. Sedikit banyak akan saya jelaskan di sini.
Apa itu copywriting?
Kalau Anda googling dengan kata kunci tersebut, Anda akan menemukan baaanyak sekali penjelasan tentang copywriting.
Namun, sayangnya, banyak dari penjelasan tersebut masih dibilang berbelit-belit.
Padahal, kalau dibahasakan secara singkat, beberapa istilah ini hanya akan menjadi:
copywriting : penulisan konten periklanan
copy : konten periklanan