Mohon tunggu...
Djoko Sarwono M
Djoko Sarwono M Mohon Tunggu... Lainnya - Semangat

Life is very good

Selanjutnya

Tutup

Money

JNE Berkembang dan Maju bersama UMKM untuk Indonesia

28 Januari 2022   00:31 Diperbarui: 28 Januari 2022   00:38 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Pandemi Covid -19 boleh dan telah membabi buta menyerang segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi Indonesia tidak boleh lumpuh karenanya sebab JNE bersama seluruh UMKM ada untuk Indonesia bisa tetap tegak berdiri gagah.  Indonesia tidak boleh lapar apalagi kelaparan, karena JNE bersama UMKM kuliner ada untuk Indonesia bisa menikmati dan kenyang, segar, kuat, serta terpuaskan. 

Indonesia tidak boleh compang camping dan buruk rupa, karena JNE bersama UMKM fesyen dan kecantikan gigih mendadani dan mempercantik rupa Indonesia.  Indonesia tidak boleh loyo lemah apalagi berpenyakitan, karena JNE bersama UMKM kesehatan tradisonal berbasis bahan herbal alami, dan UMKM peralatan olah raga dan kebugaran ada untuk Indenesia sehat, segar bugar, aktif berolahkarya. 

Indonesia tidak boleh bermuka muram dan melamun atau bersedih hati, karena JNE bersama UMKM produk produk elektronik, kesenian, dan hiburan ada untuk Indonesia bisa tersenyum ceria, tertawa terbahak bersama, bernyanyi dan bergoyang bahagia, sambil terus mengekspresikan segala kearifan lokal. Ya, JNE ada bersama UMKM untuk Indonesia tercinta.

Indonesia boleh berbangga karena di masa pendemi mengganas, roda perekonomian rakyat kecil tetap bergerak trengginas.  Karena ketika rakyat kecil berjuang berwirausaha secara online JNE telah hadir menjadi jembatan emas yang menghubungkan pengusaha UMKM dengan para pelanggannya.  JNE setia melayani UMKM dan pembeli dengan menghantarkan dan menyerahkan barang kiriman denag aman dan tepat waktu, bahkan JNE menawarkan bermacam layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.  Sebagai mitra setia dan terpercaya, JNE mengerti kebutuhkan pelanggan dan karena itu fokus untuk memenuhinya: konsisten ramah, cepat, lancar, aman, dan tepat dalam proses penerimaan, pengiriman, dan penyerahan barang kiriman.  Ini semata karena memang JNE bersama UMKM untuk Indonesia maju.

Bukti dari JNE bersama UMKM untuk Indonesia maju adalah selama 31 tahun JNE sepenuh hati melayani dan memuaskan para pelanggan teristimewa kelompok UMKM dalam memenuhi bermacam kebutuhan para konsumen.  Ini sepadan dengan nama lengkap JNE yang didirikan pada tahun 1990, yakni PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir, yang berkantor pusat di Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat 11440 Indonesia.

Sang pendiri bermimpi perusahaannya menjadi kurir utama titipan kilat sebagai jalan berkat bagi pelanggan termasuk UMKM, dan mimpi itu kini menjadi kenyataan dan akan terus dipertahankan serta dikembangkan.  Buktinya, kini JNE memiliki lebih dari 6000 titik layanan di seluruh Indonesia dengan menghidupi tenaga kerja lebih dari 40.000 orang.  Kerja professional berkarakter santun, tekun, ulet, gigih, kooperatif, kreatif dan inovatif dari seluruh karyawan JNE adalah bentuk penjabaran dan perwujudan keinginan bapak Mohamad Feriadi selaku Presiden Direktur yang kukuh memegang visi JNE "Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global" dan yang getol bersemangat melaksanakan dan mewujudkan misi JNE "Untuk Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten."

Keinginan menjadi konsisten memberi pengalaman terbaik kepada para pelanggan itu ditindaklanjuti dengan: pertama, mengikuti proses sertifikasi sampai mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 untuk sistem menegemen mutu.  Ini tentu saja karena kesadaran konsistensi memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan hanya bisa dicapai bila mutu telah dikelola secara sistematik pofesional dalam memberikan kecepatan, kehandalan, keamanan, ketepatan, dan kepuasan layanan.

Tindak lanjut kedua adalah JNE mengikuti perkembangan jaman. Di era modern yang mengandalkan teknologi komunikasi dan informasi ini, JNE telah meng-up grade diri dengan lebih dari 150 lokasi JNE sudah menerapkan koneksi sistem komunikasi online.  Kini secara online konsumen dapat mengetahui daftar ongkos pengiriman paket ke seluruh Indonesia, mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman, mengecek status terkini pengiriman paketnya, bahkan berjual beli secara individual antara penjual dan pembeli.

JNE memang berkomitmen bersama UMKM untuk Indonesia maju.  Ini bermakna JNE memahami keanekaragaman kebutuhan pelanggan khususnya UMKM terkait pengiriman dan penyerahan barangnya.  Inilah kemudian yang menjadi alasan JNE menyediakan aneka jasa layanan, sampai 19 jenis layanan.  Di https://www.jne.co.id disajikan jenis jenis layanan JNE: 

COD JNE (Cash On Delivery JNE) untuk pembeli yang merasa lebih nyaman membayar setelah barang pesanan diterimanya; bila waktu peyampaian kirimannya bisa antara 1-7 hari dapat dipilih layanan JNE REG (JNE Reguler); sedang yang boleh agak lebih lama tapi ongkos kirim lebih ekonomis bisa memanfaatkan JNE OKE (JNE Ongkos Kirim Ekonomis);  bahkan bila beruntung bisa free ongkir karena bertepatan dengan layanan HARBOKIR JNE (Hari Bebas Ongkos Kirim JNE), layanan promo yang dimulai sejak tahun 2016.

Namun bila pelanggan  mengutamakan kecepatan penyampaian barangnya, maka JNE Super Speed (JNE SS) tepat untuk dipilih karena barang dikirim dengan moda transportasi darat ataupun udara, plus jaminan uang kembali apabila pengiriman lebih dari 24 jam.  Lebih cepat dari JNE SS dan juga bergaransi uang kembali adalah layanan JNE YES (JNE Yakin Esok Sampai).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun