Djasli Djosan
Djasli Djosan

Mantan redaktur dan reporter RRI, anggota Dewan Redaksi majalah Harmonis di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis

Neno Warisman Ditolak di Batam

29 Juli 2018   15:32 Diperbarui: 29 Juli 2018   15:43 350 0 0

Artis Neno Warisman ditolak sejumlah pendemo di bandara Hang Nadim, Batam, sehingga tertaham enam jam. Situasi panas yang menghadapkan pendemo dengan para penjemput Neno, sehingga Kapolresta Balerang menurunkan satu pleton satuan Brimob. Maksud kedatangan Neno untuk mendeklerasikan '2019 Ganti Presiden' direncanakan pada Minggu, 29 Juli 2018. Para pendemo menilai deklerasi semacam itu  memecahbelah persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebaliknya Neno berpendapat apa yang dilakukannya semata-mata pernyataan ekspresi yang dijamin UU. "Saya tidak melanggar UU apapun,' ujarnya. Akibat situasi panas itu, menurut Kapolresta Balerang, Batam, deklerasi yang direncanakan pada 29 Juli itu batal. Entahlah kalau tetap diadakan pada hari lain.

Kenyataan adanya demo yang menolak, akan bijak jika Neno mau menilai ulang apa kampanye untuk tidak memilih lagi presiden petahana, perlu dilakukan. Toh rakyat sendiri yang akan menentukan melalui pilpres 2019. Keinginan Neno dan kelompoknya untuk tidak memilih lagi presiden petahana, baru pertama kalinya terjadi disepanjang sejarah RI.

Sebaiknya para pakar hukum membahas dan mengambil sikap berkenaan dengan gerakan Neno Warisman.