Mohon tunggu...
Kompasiana Cibinong
Kompasiana Cibinong Mohon Tunggu... Guru - Kompasiana Cibinong, menulis berita dan cerita dalam bahasa Sunda dan Indonesia

Kompasiana Cibinong, menulis berita dan cerita dalam bahasa Sunda dan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meski Pandemi Warga Bumi Sentosa Bagikan Daging Kurban untuk Warga Sekitar

19 Juli 2021   22:46 Diperbarui: 19 Juli 2021   22:53 141 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Meski Pandemi Warga Bumi Sentosa Bagikan Daging Kurban untuk Warga Sekitar
DKM Daarul Ihsan menyerahkan secara simbolis kupon daging hewan kurban 2021 di Masjid Daarul Ihsan (19/7)

Hari Raya Idul Adha 1442 tiba. Meskipun pandemi Covid-19 belum mereda, segenap muslim dan muslimat di seluruh penjuru dunia merayakan dengan khidmat dan saksama.

Begitu pula dengan warga di Perumahan Bumi Sentosa RW 09 Kelurahan Nanggewer Mekar Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Dikelola oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Daarul Ihsan yang dipimpin Abdur Rohim, pengurus DKM menerima titipan hewan kurban untuk disembelih serta dagingnya didistribusikan kepada warga sekitar Bumi Sentosa yang sangat membutuhkan, terutama warga Kampung Poncol Kelurahan Nanggewer Mekar serta warga Nanggewer Kaum-Pasar Pak Tani Kelurahan Nanggewer.

Penasihat DKM Daarul Ihsan, Gerry M Suwaryo
Penasihat DKM Daarul Ihsan, Gerry M Suwaryo

Menurut penasihat DKM Daarul Ihsan, Gerry M. Suwaryo, warga Bumi Sentosa sebisa mungkin tetap mengadakan pembagian hewan kurban meskipun kondisi pandemi belum berakhir.

"Kami para pengurus DKM tetap berikhtiar agar tetap bermanfaat kepada warga sekitar. Di antaranya mengadakan penyembelihan dan pembagian hewan kurban. Tentu saja belum memenuhi harapan semua, namun dibandingkan tahun lalu, tahun ini jumlah daging yang hendak dibagikan meningkat," ujar Gerry mantan Ketua Komiten Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor yang meminta pengurus dan warga tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Ya, warga penerima daging hewan kurban tidak diperkenankan datang ke lokasi penyembelihan. Semua dijaga ketat. Adapun tekhnis pembagian pihak panitia mengirim secara pengelompokan ke titik-titik yang sudah ditentukan. Lalu oleh para koordinator daging tersebut dibagikan kepada penerima di masing-masing wilayah. Ini cara kami agar menghindari kerumunan tetapi distribusi daging kurban tetap berjalan tertib dan terkendali," jelas Gerry yang di tingkat Kabupaten Bogor dan Propinsi Jawa Barat aktif dan berpengalaman di berbagai kepengurusan organisasi sosial kemasyarakatan.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Panitia Qurban 2021 DKM Daarul Ihsan, Yance Linggar, bahwa, sebisa mungkin protokol kesehatan tetap dikedepankan serta distribusi berjalan terkendali.

 "Saya berpesan, penerima jangan datang atau masuk ke perumahan Bumi Sentosa. Biarkan kami yang ngedrop daging ke titik-titik yang sudah ditentukan. Nanti jika sudah siap nanti kami komunikasikan via telepon genggam," ujar Yance Linggar saat ditemui setelah penjelasan kepada para koordinator distribusi daging hewan kurban di masjid Daarul Ihsan (19/7/2021).

17 sapi dan 16 kambing disembelih dan didistribusikan kepada warga sekitar Bumi Sentosa
17 sapi dan 16 kambing disembelih dan didistribusikan kepada warga sekitar Bumi Sentosa

Dari keterangan panitia dan terlihat di lokasi, pada tahun ini DKM Daarul Ihsan di Perumahan Bumi Sentosa RW 09 menyembelih 17 ekor sapi dan 16 ekor kambing. Penyembelihan dan distribusi hewan kurban pada hari Selasa 20 Juli 2021***(Djas)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan