Dizzman
Dizzman pegawai negeri

Pengembara yang mengabdi pada negara. Sambil tour of duty tetap menyempatkan diri bertualang. Dari Sabang sampai Merauke, 34 Provinsi sudah terjelajahi. 10 Negara ASEAN pun sudah diarungi. Next trip ......

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

"Unic"-nya Nama-nama Pemain Kroasia

12 Juli 2018   12:42 Diperbarui: 12 Juli 2018   12:58 1491 1 0
"Unic"-nya Nama-nama Pemain Kroasia
Pemain Kroasia Merayakan Kemenangan (Sumber: nytimes.com)

Nama Kroasia menjadi fenomenal kala menjungkirbalikkan hampir semua prediksi pengamat bola baik profesional maupun amatir dengan mencapai partai puncak piala dunia. Namun kali ini saya lebih tertarik membahas nama belakang mereka yang unic, karena hampir semua pemainnya berakhiran -ic. Lalu dari manakah asal usul nama tersebut?

Ditilik dari sejarahnya, bangsa Kroasia berasal dari rumpun Slavia yang pernah bersatu dalam naungan negara Yugoslavia. Hampir semua rumpun Slavia seperti Serbia, Bosnia, Kroasia, menggunakan akhiran -ic, yang membedakan hanya nama tempat kelahiran atau keturunan dari siapa, apakah berasal dari wilayah Horvat (Hrvats=Kroasia), Serbia, atau Bosnia. 

Rumpun Slavia lain seperti Rusia juga punya ciri khas dengan akhiran -ov, seperti Kutuzov, atau Skandinavia seperti Islandia yang berakhiran -son, atau Swdia berakhiran -sen. Namun bedanya dengan Islandia, di Kroasia tidak diatur resmi mengenai penamaan marganya.

Modric Pasrah (Sumber: express.co.uk)
Modric Pasrah (Sumber: express.co.uk)
Dikutip dari situs learncroatian.eu di sini dan wikipedia di sini, penamaan marga Kroasia mengacu pada beberapa hal, antara lain:

1. Keturunan dari ayah/ibu (patrilineal/matrilineal) seperti contoh Filipovic adalah anak dari Filip (laki-laki), atau Babic adalah anak dari Baba (berarti wanita tua dalam bahasa Slavia) seperti nama pemain bola Marko Babic.

2. Pekerjaan atau profesi, seperti Kovacic adalah anak dari Kovac alias tukang besi, atau Mornaric adalah anak dari Mornar alias pelaut (contoh pemain bola Ivica Mornar)

3. Nama wilayah atau etnis yang mendiami wilayah tertentu, seperti Horvatincic yang berarti keturunan Horvat/Hrvats atau Kroasia.

4. Bahasa Serapan dari latin atau wilayah terdekat, seperti Matic merupakan anak dari Mate atau Matius, Pavlicic merupakan anak dari Paulus. Contohnya pemain bola Dubravko Pavlicic yang meninggal akibat kanker.

Posisinya yang berada di jantung Eropa membuat penamaan tersebut menjadi bervariasi, ada yang berasal dari penduduk asli suku Slavia, ada pula yang berasal dari suku Latin seperti Italia, Perancis, atau suku Anglo-Saxon dari Jerman dan Inggris, disamping Eropa Timur itu sendiri. Jadi sebenarnya agak sulit membedakan nama warga asli Kroasia atau berasal dari wilayah lain, karena ada juga nama seperti Filipovic atau Matic yang berasal dari Serbia, Ibrahimovic atau Susic yang berasal dari keturunan Bosnia, Drulovic keturunan dari Macedonia.

Persebaran suku Kroasia terjadi saat masih bersatu dengan Yugoslavia dulu, sehingga ada warga Kroasia yang jadi warga Serbia, sebaliknya keturunan Serbia ada di Kroasia. Lagipula karena sama-sama berakhiran -ic, sulit membedakan darimana suku asli orang tersebut dan hanya bisa dibedakan dari kewarganegaraannya saja.

Memang tidak semua berakhiran -ic, ada juga seperti Dejan Lovren, Vedran Corluka, yang merupakan suku minoritas Kroasia yang tinggal di Bosnia semasa era Yugoslavia dulu. 

Saat perang Balkan mereka mengungsi ke luar negeri sebelum akhirnya kembali ke negeri asalnya Kroasia walau bukan merupakan tanah kelahirannya. Beruntung Indonesia tidak pecah seperti Yugoslavia, karena suku-suku di dalamnya sudah menyebar dari Sabang sampai Merauke, persis seperti di Yugoslavia yang juga menyebar dari Ljubljana (Slovenia) hingga Skopje (Macedonia), dari Zagreb (Kroasia) hingga Sarajevo (Bosnia).

Ivan Perisic (sumber: football365.com)
Ivan Perisic (sumber: football365.com)
Ingat, jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda. Saksikan permainan Kroasia yang asic dan menaric di final nanti, tapi jangan berisic, mending ngemil kacang sambil ngopic di atas rakitic.