Mohon tunggu...
batakako
batakako Mohon Tunggu... Lainnya - seorang siswa

siswa lulusan man 1 jember

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Cara Membuat Kue Ikan yang Lezat dan Gurih

3 Agustus 2021   22:28 Diperbarui: 3 Agustus 2021   22:41 92 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Membuat Kue Ikan yang Lezat dan Gurih
pixabay.com

Cara Membuat Kue Ikan

Pada kesempatan kali ini kita akan membuat kue ikan, yang biasa disebut eomuk dalam bahasa Korea.

Kue ikan atau sering disebut eomuk ini memiliki harga jual yang lumayan mahal di korea. Jadi kalau ingin membelinya harus berpikir lagi karena harus merogoh kocek yang lumayan besar. Bagaimana kalau kita membuatnya di rumah karena kita tidak tinggal di Korea dan tidak dapat menemukannya di Indonesia.

Awalnya saya pikir tidak mungkin membuatnya sendiri di dapur rumah, tetapi akhirnya saya berubah pikiran dan berusaha mengembangkan cara membuat eomuk yang enak, lezat, mudah dan sederhana kapan pun saya mau.

Beberapa resep lain hasilnya terlalu bertepung, tidak cukup elastis, dan tidak cukup halus. Pada akhirnya, inilah rasio seafood-to-flour yang memuaskan dari segi rasa, tekstur, dan rasa.

Kita akan membentuk kue ikan menjadi gulungan sebelum menggorengnya. ini adalah bentuk yang disukai oleh pedagang kaki lima Korea, tetapi membutuhkan keterampilan untuk melakukannya. Cara yang lebih sederhana adalah dengan menggunakan sendok untuk membentuk kue menjadi bola.

Ketahui Juga ikan kiper yang sangat lezat untuk dikonsumsi di sarkepo

Bahan-bahan yang diperlukan: 

  • 8 ons fillet ikan segar (nila, kakap, tawes, ikan kiper, palung, flounder dan lain-lain)
  • 4 ons cumi-cumi: dibersihkan, dibilas, dan dicincang kecil kecil
  • 4 ons udang: dikupas, dibuang kulitnya, dicuci, dan dikeringkan
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 bawang merah (sekitar 1/4 cangkir)
  • 1/4 sendok teh lada putih bubuk
  • 1/4  tepung kanji
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok the garam
  • 3 cangkir ditambah 1 sendok makan minyak sayur
  • 1/4 tepung terigu
  • 1 putih telur besar

Langkah-langkah yang harus dilakukan

  1. Periksa fillet ikan dan buang tulang ikan yang tersisa. Potong fillet ikan menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam wadah blender. Masukkan cumi-cumi, udang, bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir, lada putih bubuk, 1 sendok makan minyak sayur, tepung terigu, tepung kanji, dan putih telur. Blender selama beberapa menit sampai campuran berubah menjadi pasta halus.
  2. Jika telah halus dan tercampur dindahkan ke wadah mangkuk.
  3. Panaskan 3 cangkir minyak sayur dalam wajan di atas api sedang selama sekitar 5 menit. Turunkan panas ke sedang (sekitar 330-350 ° F atau 180 ° C)
  4. Oleskan sedikit minyak goreng pada spatula besar dan lebar. Oleskan disekitar wajan hingga pasta ikan rata. Gunakan pisau untuk menggulung pasta dengan hati-hati dengan bentuk silinder, dan geser perlahan ke dalam minyak panas.  (Jika metode ini terlalu rumit, cukup gunakan sendok untuk mengambil sebagian pasta, lalu sendok lain untuk mendorongnya keluar terlebih dahulu dan masuk ke minyak panas.)
  5. Ulangi membentuk dan mendorong campuran ikan ke minyak panas, 3 hingga 4 batang di wajan, dan pastikan untuk tidak memadatinya. Aduk kue ikan sesekali untuk menggoreng semua sisi secara merata. Biarkan mereka memasak sekitar 5 sampai 7 menit dengan api sedang sampai berwarna cokelat keemasan. Keluarkan kue ikan dan masukkan ke dalam saringan di atas mangkuk kecil. Tepuk kue ikan dengan handuk kertas untuk menghilangkan minyak berlebih.
  6. Sajikan saat panas sebagai camilan. Kalau untuk dimakan nanti, dinginkan dan masukkan ke dalam kantong plastik. Simpan di lemari es dan dapat bertahan hingga 1 minggu.

Demikianlah artikel tentang cara membuat kue ikan semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman kalian

Mohon tunggu...
Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan