Mohon tunggu...
Diva roviqo
Diva roviqo Mohon Tunggu... Mahasiswa - ;)))

awali harimu dengan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bagaimana Cara Mengenali Gangguan Bahasa Verbal pada Anak?

6 April 2021   22:09 Diperbarui: 7 April 2021   07:06 147 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagaimana Cara Mengenali Gangguan Bahasa Verbal pada Anak?
vai hitsbanget.com

kenali buah hatimu dengan baik agar tidak menyesal dikemudian hari

Apakah putra dan putri anda atau adik yang sudah berusia 2 tahun masih belum lihai dalam berbicara? Atau mereka bisa berbicara namun dengan kosa kata yang kurang jelas dimengerti?

Sebagai orang yang bersangkutan, seharusnya mengamati perkembangan berbicara dan berkomunikasi pada mereka, sehingga ketika terdapat keterlambatan dalam berkomunikasi mudah diketahui dan dapat cepat ditangani. Bagaimana cara mengenali perkembangan komunikasi pada mereka? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Manusia tidak luput dari komunikasi karena pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial dimana mereka saling membutuhkan satu sama lain. Komunikasi merupakan suatu proses menjalin hubungan yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mulai berbicara dan mendapatkan beberapa informasi dalam lingkungkan sekitar maupun lingkungan asing. Dalam hal ini proses komunikasi memiliki peranan sangat penting.

Adapun komunikasi memiliki jenis salah satunya komunikasi verbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang memakai simbol-simbol verbal, baik secara tertulis ataupun lisan.  sedangkan, Bahasa verbal adalah sarana utama dan tepat untuk menyatakan perasaan, kenyataan, pemikiran atau ide, dan apa yang kita maksud atau yang kita inginkan. apa sih simbol-simbol verbal? 

simbol verbal juga bisa disebut pesan verbal merupakan jenis-jenis simbol yang menggunakan satu kata atau lebih. terkadang simbol ini tidak digunakan dengan kata-kata saja namun juga dengan gerakan tubuh ataupun ekspresi dan respon. contohnya seperti bayi tidak akan berbicara ketika mereka lapar namun mereka akan merengek ketika mereka lapar lalu mereka akan diam ketika sudah kenyang bahkan hingga tertidur pulas.

Dalam artikel ini banyak membahas tentang gangguan perkembangan bahasa verbal. Mulai dari penjelasan mengenai gangguan pekembangan bahasa verbal, tanda-tanda, faktor ysng mempengaruhi, dan terapi dalam gangguan perkembangan bahasa verbal.

Gangguan perkembangan bahasa merupakan gangguan yang terjadi pada anak atau ketidakmampuan dalam mengolah dan menggunakan simbol bahasa untuk berkomunikasi secara verbal maupun nonverbal atau dapat diartikan menjadi keterlambatan dan keterbatasan kemampuan perkembangan bicara dan bahasa anak sesuai kelompok umur, jenis kelamin, adat istiadat, dan kecerdasannya yang akan mempengaruhi perkembangan anak dalam aspek kebahasaan.

Kenali tanda-tanda Gangguan perkembangan bahasa pada anak. mereka dapat dilihat dari tahap usianya. Pada umumnya anak mulai menginjak tahap komunikasinya pada usia Pada usia 0-6 bulan si Kecil sudah dapat memberikan respon reseptif seperti melirik jika ada suara, berekspresi seperti tertawa, menangis, dan lain-lainnya. 

Pada tahap usia 9 bulan -- 12 bulan. pada tahap usia ini, anak akan mulai menirukan tanda-tanda atau suara yang mereka dengar dari lingkungan sekitarnya. Suara yang mereka dengar pada tahap usia ini menjadi perkembangan bahasa di tahap pertama mereka. ketika mereka menginjak usia 12 bulan - 15 bulan, mereka sudah mampu membedakan pengucapan beberapa huruf, mereka juga mampu memahami perintah-perintah sederhana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan