Andita Siregar
Andita Siregar

Suka nulis dan sayang banget coco kucing dirumah :D

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

5 Manfaat Mengangkat Kaki di Dinding, Bisa Redakan Stres Juga

10 Agustus 2018   15:35 Diperbarui: 13 Agustus 2018   14:48 834 7 2
5 Manfaat Mengangkat Kaki di Dinding, Bisa Redakan Stres Juga
Via shophalfmoon.com

Hal-hal sederhana yang dilakukan secara teratur ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Seperti gerakan yoga yang satu ini, mengangkat kaki di dinding (leg up to the wall) atau dengan nama resminya, Viparita Karani.

Untuk melakukannya pun, kamu tidak membutuhkan alat-alat apapun dan bisa dilakukan dimana saja asalkan ada dinding.

Caranya cukup baringkan badanmu di atas matras yang telah kamu taruh menempel di dinding. Kemudian angkat kakimu dan luruskan sehingga membentuk sudutnya siku-siku dengan badanmu. Biarkan kakimu bersandar pada dinding itu selama 10-15 menit. Sementara biarkan tanganmu terlentang.

Nah, gerakan yoga ini meskipun tampak mudah tapi sangat bermanfaat, lho. Simak paparan berikut ini.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Membuatmu Dapat Berpikir Jernih
Manfaat mengangkat kaki di dinding ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigen. Apalagi bila aktivitasmu didominasi dengan banyak duduk, sirkulasi darah dan oksigen menjadi terhambat sehingga tak jarang kamu tidak bisa berpikiran jernih.

Jadi, bila tiba-tiba pikiran kamu mampet di depan komputer ketika bekerja, luangkan sedikit waktumu untuk melakukan gerakan ini. Kamu pun akan langsung merasakan manfaatnya.

2. Mencegah Low Back Pain dan Cedera Punggung
Low back pain atau sakit di punggung bagian bawah ini kerap kali oleh pekerja kantoran. Dilansir dari Okezone, ini disebabkan karena otot dan kekuatan inti tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

Nah, meskipun tidak melatih punggungmu, manfaat mengangkat kaki ini dapat mencegah terjadinya low back pain. Sebab, gerakan ini melatih otot intimu. Otot inti sendiri merupakan otot perut bagian depan dan samping, otot punggung bagian bawah, dan otot pinggul.

Pinggul dan punggung bagian bawah menjadi lebih lentur dan fleksibel dengan gerakan ini. Sehingga dapat mencegah dan meredakan rasa sakit.

3. Mengatasi Kaki Lelah
Karena terlalu banyak duduk, aliran pembuluh getah bening dan cairan-cairan lainnya menjadi tidak lancar. Ini dapat menyebabkan kakimu terasa lelah dan bengkak.

Dengan mengangkat kaki di dinding, aliran pembuluh darah menjadi lancar sehingga dapat mengatasi kakimu yang bengkak. Otot kaki bahkan pinggulmu yang tegang juga dapat berkurang dengan melakukan gerakan ini. Pegal-pegal di kakimu pun memudar.

4. Membakar Kalori
Dilansir dari The Nest, mengangkat kaki dapat membakar kalori 58-65 kalori pada orang dengan berat badan 150 pound dan semakin panjang kaki seseorang maka akan membakar kalori semakin banyak. Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, cara ini bisa kamu coba.

Karena gerakan ini melatih tubuh bagian bawah, pahamu akan tampak mengecil. Begitu juga dengan perutmu sebab gerakan ini dapat membakar lemak di perut. Kamu bisa mengombinasikan dengan latihan kardio dan pola makan yang sesuai untuk hasil yang maksimal.

5. Mengurangi Stres dan Kecemasan
Dengan pekerjaan yang menumpuk, dan lingkungan yang memaksa untuk menjadi sempurna, stres dan kecemasan tak bisa dihindari. Untuk itu, cobalah merasakan manfaat mengangkat kaki di dinding ini. Karena dengan melakukan gerakan yoga ini, sirkulasi darah dan oksigen yang terhambat menjadi lancar sehingga pikiran menjadi jernih dan bebas stres.

Selain itu, stres dan kecemasan itu juga bisa berasal dari sistem saraf yang terlalu tegang. Sementara Viparita Karani ini dapat menenangkan sistem saraf dengan melakukannya sambil menghirup napas dalam-dalam dan fokus pada itu. Saraf parasimpatikmu pun akan mengambil alih dengan memperlambat denyut jantung dan mengatur agar tubuh beristirahat.

Itulah lima manfaat mengangkat kaki di dinding yang penting bagi kesehatanmu. Bagaimana? Apakah tertarik mencoba? Jangan lupa share dan tinggalkan komentar, ya!