Mohon tunggu...
Dita Febriani
Dita Febriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasisa

Hobi saya membaca Novel, AU, dan WAttpad

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kembali Dekat

9 Agustus 2022   18:50 Diperbarui: 9 Agustus 2022   18:57 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Makhluk sosial seperti kita ini pastinya tidak bisa hidup jauh-jauh dengan manusia lainnya. Baru-baru ini kita mengalami pandemic covid-19 yang menyebabkan kita tidak bisa saling bersosialisasi secara dekat dan langsung dengan masyarakat lain. 

Saat itu kita diharapkan untuk tetap di rumah agar pandemic tidak semakin parah. Akibatnya banyak kegiatan-kegiatan masyarakat yang biasanya dilakukan harus ditunda atau dilaksanakan secara online.

Kegiatan-kegiatan yang dulu dilaksanakan secara bertemu langsung harus dihindari dahulu saat pandemic. Misalnya silaturahmi saat hari raya, saat pandemic kebanyakan masyarakat bermaaf-maafan secara online. Tentunya kurang afdol ya kalau kita melakukan kegiatan yang menyangkut beberapa orang dilaksanakan tidak secara langsung walau kita berada didekat mereka. 

Tentunya kita harus sabra dalam menjalaninya karena untuk kebaikan kita juga.

Dua tahun berlalu, kini keadaan berangsur membaik. Banyak momen-momen yang tidak bisa dilewati bersama dimasyarakat. Acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia beserta lomba-lombanya. 

Pentas-pentas seni daerah masing-masing yang biasanya diadakan harus ditunda dahulu. Kini sedikit demi sedikit sudah kembali ada. Kita kembali dekat dengan masyarakat lain dan bersosialisasi dengan mudah.

Dalam keadaan seperti ini harus bersyukur karena penantian kita akhirnya terwujud. Masyarakat kini mulai mengadakan pentas seni di desa dusun masing-masing. Kita dapat memulai kembali kegiatan-kegiatan sosial kembali. Dalam waktu dekat ini kita akan memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia, negara kita tercinta.

Saat ini, masyarakat mulai mengadakan persiapan-persiapan lomba untuk memperingatai hari kemerdekaan, bahkan ada yang sudah mulai melaksanakan lomba sejak awal bulan di dusun Ganggong, Bangunkerto Turi Sleman. Masyarakat bersama-sama menyiapkan dan memeriahkan. 

Dari mulai anak-anak kecil, ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan simbah-simbah sekalipun ada saking bersemangatnya bisa kembali dekat dan bersama-sama bersosialisasi untuk merayakan hari kemerdekaan. Rasanya senang sekali bisa melihat tawa-tawa masyarakat entah itu yang melihat lomba maupun yang melaksanakan lomba.

Sebagai makhluk sosial, hendaknya kita harus selalu bersosialisasi dengan masyarakat lain. Kita harus menjalin hubungan yang baik walaupun kita tidak dapat bertemu secara langsung. Kita harus selalu menjaga sikap kita untuk kepentingan bersama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan