Mohon tunggu...
Dio Sinaba
Dio Sinaba Mohon Tunggu... -

Nulis isi kepala, biar gak penuh dan bisa keiisi lagi. :) Kuli tinta wanna be.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dicari : Kategori dan Rubrik Pendidikan di Kompasiana

8 Desember 2015   18:53 Diperbarui: 8 Desember 2015   19:34 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Dicari kategori Pendidikan"][/caption]Mulai tanggal 29 November 2015, saya bergabung di Kompasiana. Awalnya saya sempat bingung akan menulis apa. Ketika itu, ungkapan “tiba masa, tiba akal” sepertinya cocok menggambarkan saya. “Nulis apa sajalah, yang penting posting” pikir saya ketika itu. Hasilnya adalah suatu tulisan “gado-gado” dengan bahan utama; politik, arti kata, dan humanoira.

Akhirnya, seiring waktu saya bisa menemukan jati diri dalam menulis di Kompasiana.

Mungkin karena latar belakang pekerjaan yang adalah guru, tulisan saya selalu bertema pendidikan. Memang topik inilah yang paling saya dekat dengan pribadi saya. Terkadang, isu politik yang sedang naik daun juga saya jadikan bahan tulisan. Tetapi ketika tulisannya siap "santap", tetap saja berbau pendidikan. Seringkali, niat untuk memposting saya urungkan dengan alasan ambiguitas. 

Selama bergabung di Kompasiana, ada suatu hal yang mengganggu saya dan mungkin juga teman-teman sesama penulis lain yang mengangkat tema edukasi.

Mari saya ceritakan :

Pada tanggal,30 November 2015, jam 19.20  ketika akan memposting artikel saya berjudul Hadiah atau Hukuman .

Ketika menekan tombol tayang, muncul tulisan “Please select one of category”. Ternyata saya lupa memilih salah satu kategori di bagian atas artikel. Saya langsung mencari kategori yang relevan dengan tulisan saya ini, “Kategori Pendidikan”. Ketika itulah saya menyadari bahwa tidak ada kategori pendidikan di Kompasiana. Sejuta tanya langsung menghinggapi pikiran saya ;

  1. Apakah pendidikan tidak penting bagi administrator Kompasiana?
  2. Apakah tulisan dibidang pendidikan tidak menarik?
  3. Apakah penulisnya kurang?
  4. Atau mungkin, pembacanya yang kurang?

 Saya hanya bisa berandai-andai memikirkan jawabannya.

Karena tidak ada pendidikan maka kategori humanoira dan muda menjadi pelarian bagi beberapa saya. Menurut saya, kedua ketegori tersebut yang paling relevan dengan tulisan saya.

Mencari jawaban

Untuk menjawab pertanyaan 2 dan 3 saya menjelajah dan membaca berbagai artikel, lama ataupun baru, di Kompasiana. Ternyata sangat banyak artikel menarik yang ditulis dengan tema pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun