Mohon tunggu...
Dinna.sc
Dinna.sc Mohon Tunggu... Freelancer - DINNA SITI CHODIJAH

@dinna.sc

Selanjutnya

Tutup

Financial

Angka Covid Melonjak, Turunkan Omzet UMKM di Jawatimur

28 Januari 2021   19:36 Diperbarui: 28 Januari 2021   19:38 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Seperti diketahui,Jawa Timur merupakan salah satu provinsi penyumbang pasien covid terbesar di Indonesia pada akhir 2020 hingga awal 2021. Hal ini yang membuat pemerintah setempat memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada 2 minggu terakhir Januari 2021 yang rencananya akan diperpanjang di bulan Februari nanti.Kebijakan pemerintah ini bertujuan untuk menekan angka covid di Jawa Timur namun dianggap kurang efektif bagi sebagian masyarakat,Khusunya pelaku UMKM.
Pemberlakuan PSBB mengakibatkan turunnya jumlah wisatawan dan aktivitas diluar ruangan juga menurun,sedangkan target market dari UMKM sendiri adalah wisatawan dan kerumunan orang seperti event rapat atau gathering yang biasanya memesan konsumsi pada UMKM sekarang semua dilakukan secara online.
Omzet UMKM khususnya bidang kuliner dan pariwisata menurun drastis,bukan hanya menurun tidak sedikit pelaku UMKM yang memutuskan untuk berhenti produksi dikarenakan kurangnya angka permintaan dari pasar.
Ini membuat turunnya perekonomian Negara yang membuat pemerintah akhirnya membagikan dana yang cukup besar bagi Koprasi,Pemuda,Pelaku UMKM khususnya sektor kuliner yang tujuannya agar masyarakat membelanjakan uang tersebut dan menstabilkan kembali perekonomian negara.Membantu rakyat yang terdampak covid dengan memberikan dana bantuan yang nantinya juga bertujuan untuk dibelanjakan dan kembali pada Negara.
Pada akhirnya Pemuda dan Pelaku UMKM tidak bisa terus menerus bergantung dan menunggu covid ini selesai,mereka harus bangkit dan melawan. Mau tidak mau mereka harus berusaha mengikuti New Normal dengan cara belajar memualai pemasaran online yang tentunya bukan hal mudah karena baru dilakukan dan harus banyak belajar strategi agar penjualan online ini tetap efektif.Banyak juga UMKM yang penjualannya meningkat setelah melakukan pemasaran secara online karena target pasarnya meluas hingga ke seluruh wilayah kota,mereka berhasil meningkatkan penjualan dan bangkit dari pandemi.
Intinya di masa sekarang ini kita semua dituntut untuk bisa cepat beradaptasi pada lingkungan,tidak stuck di zona nyaman dan harus bisa tetap bangkit setelah terjatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun