Mohon tunggu...
Humaniora

Negaraku Istimewa

11 Mei 2019   09:29 Diperbarui: 11 Mei 2019   10:02 0 0 0 Mohon Tunggu...

Di Indonesia sendiri sejak beribu tahun yang lalu sudah melakukan ekspor barang maupun pangan. Hal tersebut dilakukan untuk mengendalikan harga produk ekspor dalam negeri, menciptakan iklim usaha yang kondusif, menjaga kestabilan kurs valuta asing. 

Kenapa indonesia selalu melakukan ekspor produk pertanian? karena negara indonesia ini sangat kaya akan hasil pertaniannya, baik di darat maupun laut. 

1. Terkenal dikancah internasional

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Indonesia memiliki keberagaman hayati dan juga dikenal dunia dengan Bali-nya, sebagai negara tujuan wisata yang paling menarik dan diminati untuk dikunjungi para wisatawan dari berbagai mancanegara. 

Selain Bali, Indonesia juga dikenal sebagai negara kopi, teh, karet, dan berbagai komoditi lainnya. Zaman dulu Indonesia telah lama dikenal sebagai negara rempah-rempah karena memperdagangkan rempah-rempah ke berbagai negara terutama Eropa.

2. Pencapaian ekspor pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor 12 ton beras ke Papua Nugini. Ekspor beras tersebut merupakan hasil produksi pertanian dari Merauke, Papua.

Sedangkan di Pangandaran, Jawa Barat, Kementan berhasil mengekspor komoditas kelapa kelapa ke Australia sebanyak 15 tonSamarinda, Kalimantan Timur, ekspor olahan kayu juga dilepas oleh Kementan dengan negara tujuan India, Cina dan Myanmar.

Sementara itu, dari Medan, Sumatera Utara, Kementan mampu meningkatkan ekspor minyak kelapa sawit ke Brazil, Yordania dan beberapa negara di Asia maupun Afrika.

Begitu juga di Samarinda, Kalimantan Timur, ekspor olahan kayu juga dilepas oleh Kementan dengan negara tujuan India, Cina dan Myanmar.

Indonesia juga terus melakukan penetrasi terhadap potensi pasar ekspor produk-produk pertanian dan peternakan ke Jepang. Produk pertanian Indonesia yang berpotensi terbesar ke negeri Sakura adalah minyak nabati dan lemak serta karet. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x