Mohon tunggu...
Dinda G.
Dinda G. Mohon Tunggu... OPINI - MAHASISWA

EDUKASI DAN OPINI UMUM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM UMM 97 Gel 4 Bantu Merancang Desain Denah Sumber Air Kajaran Desa Sukoanyar, Wajak

30 April 2021   10:59 Diperbarui: 30 April 2021   11:08 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM 97 Gel 4 Bantu Merancang Desain Denah Sumber Air Kajaran Desa Sukoanyar, Wajak
Dok. pribadi

Wajak, desa Sukoanyar yang bertepat di Kab.Malang ini merupakan desa yang rapih dan ramah akan masyarakatnya. Pada tanggal 17, April 2021 bertepat pada hari sabtu kami dari kelompok pengabdian masyarakat mendapat keluhan dari sekretaris desa untuk membantu mendesain sumber air yang dimiliki oleh desa ini yang akan dikembangkan sebagai tempat destinasi wisata desa yang baru, dan dihari ini juga kami melakukan survey lapang untuk mengetahui letak dan kondisi dari sumber air tersebut. Tempat yang asri, bersih sangat cocok dijadikan sebagai tempat destinasi wisata yang bernuansa kembali ke alam dan pedesaan. Dan juga hal ini bisa sebagai peningkat kualitas desa juga pendapatan desa Sukoanyar.

Sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang saling memberikan manfaat, kami dari kelompok 97 PMM UMM gel.4 membantu untuk membuat desain denah sumber air kajaran pada desa Sukoanyar. Kegiatan ini berdasarkan bentuk dari kepedulian kami karena masyarakat sekitar desa kebingung dengan cara pembuatan denah untuk tempat wisata sumber air kajaran tersebut. Dengan keluhan masyarakat yang disampaikan kepada kami melalui kepala desa dan tim pengelola yaitu Bumdes desa Sukoanyar pada saat pengabdian berlangsung.

Usulan dan kegiatan ini kami lakukan dengan senang hati untuk membantu masyarakat sekitar dalam pembuatan denah sumber air yang akan dibuat tempat wisata nantinya pada sumber air kajaran. Kami melakukan proses pembuatan ini selama 6 hari sehingga dapat dihasilkan denah sumber air kajaran yang memuaskan. Kegiatan yang kami lakukan ini ditunjukan tidak semata-mata melupakan kewajiban program kerja yang kami sudah buat. Melainkan kami melakukan kegiatan tersebut juga untuk membantu warga sekitar desa Sukoanyar dengan cara menghasilkan dena sumber air tersebut. Yang dimana para masyarakat juga merasa sangat terbantu dengan adanya pembuatan denah ini sehingga ada wawasan untuk membangun kreasi tempat wisata sumber air kajaran.

Kami selaku mahasiswa PMM UMM gel.4, kelompok 97 merasa senang karena sudah membantu masyarakat desa dan menciptakan denah yang dibutuhkan oleh masyarakat desa Sukoanyar. Meskipun kami juga membuat dengan sesederhana mungkin dan sekreatif mungkin dari kelompok kami terbentuklah denah yang sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Denah sumber air Kajaran ini akan dibuat untuk membangun tempat destinasi wisata baru bernuansakan alam alami yang sederhana yang bisa di nikmati dari semua kalangan anak-anak hingga orang dewasa/ orang tua maupun para wisatawan dari luar kota, sehingga kelompok 97 membuat dengan sekreatif dan inovatif dari kelompok kami. Jadikan tempat tinggal kami sebagai destinasi wisata dan sebagai desa yang maju, inovatif dan kreatif yang berkembang meskipun berada pada pedesaan. Tetap jaga dan lestarikan desa kita untuk menjadi tempat yang indah dan tempat penghilang kepenatan dan penyejuk pikiran. Anak muda Jawa Timur yang kreatif dan maju.

VIDEO PILIHAN