Mohon tunggu...
dinayln
dinayln Mohon Tunggu... Digital Marketing

Designer | Content Writer | Event Maker

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Pilihan Fintech Terbaik untuk Pinjaman Online yang Aman Tanpa Penipuan

27 September 2019   09:03 Diperbarui: 27 September 2019   09:14 0 1 1 Mohon Tunggu...
Pilihan Fintech Terbaik untuk Pinjaman Online yang Aman Tanpa Penipuan
sumber: https://financialmodellingpodcast.com

Fintech atau Financial Technology adalah salah satu perkembangan teknologi masa kini yang memberikan kemudahan bagi seseorang untuk mengajukan pinjaman secara online. Pinjaman online menjadi kultur yang baru di masyarakat yang membuat masyarakat yang memiliki masalah keuangan bisa langsung mendapatkan bantuan dengan mudah.

Saat ini, pinjaman online sering menjadi solusi singkat untuk masalah keuangan yang dihadapi oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan pencairan dana yang mudah, syarat pengajuan pinjaman pun juga mudah. Namun, tentu, Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa Anda berurusan dengan Fintech terbaik yang sudah memiliki izin dari OJK.

Perlu diketahui bahwa dewasa ini ada banyak sekali Fintech ilegal yang tak berizin dan hadir di tengah masyarakat. Fintech ini sering meresahkan karena selain melakukan pemerasan juga melakukan penipuan. Oleh karena itu, pemilihan Fintech menjadi hal yang penting sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman online.

Beberapa Fintech Terbaik Dengan Izin Resmi OJK

Sebagaimana disinggung di awal bahwa saat ini ada cukup banyak Fintech abal-abal yang hadir dan menawarkan pinjaman online. Tentu, hal ini harus menjadi bahan kewaspadaan agar Anda tidak terjerumus dalam lembah hitam kasus penipuan Fintech.

Oleh karena itu, mengenali Fintech terbaik yang memiliki izin di OJK adalah hal penting. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa pilihan Fintech yang bisa menjadi opsi tepat untuk melakukan pinjaman online. Selain terpercaya, Fintech tersebut juga memiliki izin dari OJK.

Nah, beberapa pilihan Fintech yang bisa dijadikan opsi untuk pinjaman online adalah sebagai berikut

1.Uang Teman

Uang Teman adalah salah satu Fintech terbaik yang bisa menjadi solusi jika Anda memang memiliki masalah keuangan secara mendesak. Perlu diketahui bahwa Uang Teman adalah pelopor pinjaman online di Indonesia. Ya, Fintech ini sudah beroperasi mulai dari April 2015 yang lalu.

Nah, saat ini, ada aplikasi Uang Teman yang tersedia baik untuk platform Android ataupun IOS. Dengan aplikasi ini, pinjaman online bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jika pengajuan tersebut dipenuhi, maka Anda akan mendapatkan dana dalam waktu sekitar 15 menit. Aplikasi ini juga bisa digunakan di berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

2. Win-Win

Pilihan Fintech terbaik lain yang bisa menjadi solusi untuk melakukan pinjaman online adalah Win-win. Ini adalah salah satu Fintech yang bisa dipercaya untuk memudahkan Anda mendapatkan bantuan dana dengan segera saat sedang terdesak. 

Fintech ini muncul pada tahun 2016 yang lalu dan berpusat di Surabaya. Awalnya, Fintech ini hadir dalam bentuk website. Namun, saat ini, Win-win sudah tersedia dalam bentuk aplikasi dan tentu saja bisa dengan mudah untuk digunakan. 

Perlu diketahui bahwa Win-win hanya menyediakan pinjaman dengan jumlah yang kecil. Maksimal pinjaman yang disediakan sebesar 2 jutaan dengan waktu pengembalian maksimal 30 hari. Salah satu peraturan dari Fintech ini adalah bertatap muka dengan nasabah untuk validasi dokumen.

3. Rupiah Plus

Pilihan lain dari Fintech yang bisa menjadi solusi masalah keuangan dengan cepat adalah Rupiah Plus. Ini juga termasuk salah satu Fintech terbaik yang memiliki izin OJK dan bisa dipercaya. Nah, Fintech ini hadir pada tahun 2017 dan tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa didapatkan dengan mudah di Google Play.

Aplikasi ini menawarkan beberapa plafon pinjaman untuk para nasabah. Plafon tersebut mulai dari 800 ribu hingga paling banyak sekitar 1,8 juta. Waktu pembayaran yang disediakan oleh Fintech ini adalah 7 hingga 14 hari sehingga tergolong cukup singkat.

4. Julo 

Julo menjadi opsi lain dari Fintech yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman online yang mudah. Salah satu Fintech terbaik ini cukup menarik dengan adanya fitur cicilan. Dengan fitur ini, maka nasabah bisa membayar pinjaman dengan cara mencicil dalam waktu mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan.

Selain itu, besaran pinjaman yang diberikan oleh Fintech ini adalah 2 juta hingga 8 juta. Nah, untuk bisa melakukan pinjaman secara online di Fintech ini, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Salah satu persyaratan utamanya adalah nasabah atau calon peminjam melampirkan slip gaji dalam dokumen syarat.

5. Dana Cepat

Dana Cepat bisa juga menjadi opsi Fintech untuk mendapatkan pinjaman online untuk mengatasi masalah keuangan yang datang secara tiba-tiba. Ini adalah salah satu Fintech terbaik yang bisa dimanfaatkan dengan menggunakan aplikasi mobile.

Nah, Fintech ini memberikan pinjaman awal dengan plafon maksimal 1 jutaan dan waktu pengembalian paling lama sekitar 14 hari. Untuk calon peminjam, ada beberapa persyaratan awal yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

6. Toko Modern Fastpay 

Ada juga Toko Modern Fastpay yang memiliki fitur pinjaman online di Indonesia, bersifat transaparan, aman dan mudah.  Pelanggan dapat menikmati pinjaman tunai tampa kartu kredit dan diawasi langsung oleh OJK. Anda dapat menikmati dana pinjaman hingga Rp 20.000.000. Menarik bukan? 

Area Layanan Pinjaman
16 Area :
1. Jabodetabek
2. Bandung
3. Surabaya
4. Gresik
5. Sidoarjo
6. Semarang
7. Yogyakarta
8. Medan
9. Pekanbaru
10. Palembang
11. Bali
12. Makassar

Persyaratan Pengajuan Pinjaman
1. Cukup dengan KTP
2. Berada di area layanan Tunaiku
3. Tidak sedang memiliki pinjaman di Tunaiku
4. Belum pernah atau tidak sedang dalam masa cooling down (90 hari) pengajuan pinjaman Tunaiku
5. Berumur 21 -- 55 Tahun

Tips Melakukan Pinjaman Online Agar Aman

Kemudahan yang diberikan oleh beberapa Fintech di atas untuk mendapatkan dana secara cepat memang cukup menggiurkan. Terlebih, jika Anda memang sedang memiliki masalah keuangan yang cukup pelik. Namun, tentu saja, Anda tetap harus bijak dalam hal ini. Perlu disadari bahwa pinjaman tetaplah pinjaman dan harus dikembalikan.

Nah, berbincang tentang pinjaman online tersebut, ada beberapa tips penting yang harus Anda ketahui sebelumnya agar pinjaman yang Anda lakukan tetap aman dan tidak berefek negatif.

Adapun beberapa tips melakukan pinjaman online tersebut agar aman adalah sebagai berikut.

1.Memilih Fintech yang Tepat

Di muka kita sudah berbincang tentang beberapa Fintech yang bisa dipilih untuk melakukan pinjaman online. Nah, saat hendak mengajukan pinjaman, baiknya Anda memilih Fintech yang tepat dan sudah berizin resmi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

2. Pinjam Sesuai dengan Kebutuhan

Kemudahan yang diberikan oleh Fintech seringkali membuat seseorang menjadi khilaf dalam melakukan pinjaman. Mereka meminjam uang bukan untuk pemenuhan kebutuhan mendesak, namun untuk gaya hidup. Mindset ini harus diubah. Upayakan Anda mengajukan pinjaman online jika kondisi memang sudah sangat mendesak.

Peminjaman sesuai kebutuhan ini adalah kunci. Dengan prinsip ini, maka Anda akan terbiasa meminjam sekadarnya saja dan tidak berlebihan. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa berat dalam pengembaliannya.

3. Ketahui Risiko Pinjaman

Salah satu risiko pinjaman online adalah bunga per hari. Ini adalah dasar yang harus menjadi titik awal pengetahuan. Dengan bunga per hari, maka setiap hari utang akan bertambah. Oleh karena itu, Anda perlu berpikir masak sebelum mengajukan pinjaman online. Memang, masing-masing Fintech memiliki aturan berbeda terkait bunga.

4. Jangan Meminjam di Banyak Fintech

Karena mudah mendapatkan dana, cukup banyak orang yang meminjam di banyak Fintech. Ini adalah kesalahan besar yang dilakukan. Dengan meminjam di banyak Fintech berbeda, Anda sama saja dengan bunuh diri dan tentu hal ini akan memberatkan Anda dalam pengembaliannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2