Mohon tunggu...
dina yulianti
dina yulianti Mohon Tunggu... tinny girl with biggest dreams

Town Traveller

Selanjutnya

Tutup

Karir

Yakin Masih Mau Mager Pasca Lebaran? Yuk Simak Tips Berikut Ini!

10 Juni 2019   22:14 Diperbarui: 10 Juni 2019   22:29 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hay Juragan! Akhirnya setelah sebulan lamanya berpuasa, hari kemenangan yang dinantikan telah tiba. Ritual mudik lebaran dan menikmati libur panjang pastinya banyak membuat kita terlena untuk menjalankan rutinitas pekerjaan bukan? Apalagi jika membayangkan setumpuk pekerjaan serta padatnya aktivitas yang telah menanti sudah di depan mata.

Namun, hidup akan terus berjalan Juragan! Jangan sampai Anda sia-siakan waktu hanya untuk merenung memikirkan pekerjaan yang harus dihadapi. Jangan sampai hikmah Ramadhan dengan menjalankan satu bulan berpuasa, menjaga iman dan taqwa, semangat bekerja malah menjadi kendor hanya karena terlena pasca libur lebaran.

Ramadhan yang kita lewati tidak hanya menahan haus dan lapar ataupun menjaga nafsu serta dan perilaku semata dalam satu bulan, namun harus diterapkan dalam kehidupan pasca bulan suci Ramadhan. Jika kita resapi lebih dalam lagi, banyak sekali energi postif yang didapat setelah berpuasa, ditambah lagi ritual mudik dan liburan yang serusnya meningkatkan energi, semangat untuk memicu kreatifitas kita.

Nah, agar Juragan tetap semangat menghadapi tantangan kedepan, kami berikan tips-tips untuk menjaga semangat kerja pasca libur lebaran!

1. Menata Hati Menjadi Pribadi Baru

Setelah pasca lebaran berakhir, saatnya segala rutinitas pekerjaan menanti. Momen lebaran sebagai hari kemenangan sering kita maknai sebagai hari baru, jiwa baru, perilaku yang baru. Ibarat memulai kembali lembaran menjadi pribadi yang baru, maka mulailah segala sesuatunya dilakukan dengan hati. Jika sebelumnya kita memiliki masalah dengan beberapa rekan, ini saatnya Anda memperbaiki hubungan tersebut dengan memberi salam dan bersapa saling membuka pintu maaf. Jika hal ini sudah Anda lakukan, tidak ada alasan lagi untuk tidak semangat melakukan rutinitas sehari-hari bersama rekan, kostumer ataupun mitra Anda.

2. Bangun Lebih Pagi

Untuk mendongkrak semangat kerja setelah libur Lebaran, rubahlah kebiasaan Anda dengan bangun dan berangkat ke tempat kerja lebih awal. Selama menjalankan bulan puasa, tentunya Anda sudah terbiasa melakukan aktifitas di pagi hari. Dengan membentuk kebiasaan bangun pagi makan kebiasaan malas Anda akan jauh lebih berkurang dan mood Anda pun akan jauh lebih baik untuk melakukan aktivitas. Selain itu Anda akan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan pekerjaan yang lama ditinggalkan pasca libur Lebaran.

3. Bersilahturahmi

Walapun saat ini banyak yang menggunakan gadget dan media social untuk mengucapkan selamat Lebaran kepada kerabat, sahabat, dan rekan Anda, bersilahturahmi dan bersalaman secara langsung merupakan hal yang wajib untuk dilakukan untuk merangkul kembali hubungan persaudaraan. Tak jarang ketika di tempat Anda bekerja dilakukan halal bi halal di hari pertama masuk kerja, hal tersebut guna menciptakan suasana hati baru dan menambah semangat untuk mengahadapi hari dengan segala tantangan.

4. Menata Ulang Tempat dan Target Kerja Anda

Jika sebelumnya Anda selalu jenuh dengan suasana tempat kerja Anda, hari pertama pasca Lebaran adalah waktu yang tepat untuk mengatur kembali ruangan agar lebih terorganisir dengan baik. Mumpung masih fresh dan dalam keadaan mood yang baik, cobalah ubah beberapa posisi seperti rak, meja, dan berikan tambahan dekorasi ruangan agar lebih menarik. Selain menata ruang kerja, agar lebih bersemangat atur juga jadwal target pekerjaan yang harus digapai untuk beberapa minggu kedepan. Dengan melakukan hal-hal diatas pastinya cara bekerja Anda tidak akan bikin mager, lebih efektif dan sistematis!

5. Jangan Terhasut Suasana Teman yang Mager Juragan!

Tips terakhir adalah jangan terhasut suasana teman Anda yang mager yah! Banyak sekali godaan dari sekitar kita yang membuat kita bermalas-malasan dan menjadikan gagal fokus untuk melakukan aktivitas. Hal itu akan sangat merugikan kita yang ingin mengubah pola bekerja lebih rajin dari sebelumnya. Ingat Juragan, memulai sesuatu akan lebih baik untuk segera dilaksanakan dan jangan tunda-tunda rejekimu!

Nah, bagaimana tips-tips tersebut? Sangat mudah jika dilakukan dengan niat dan memulai langkah yang baru bukan?