Mohon tunggu...
Dinar Arsa Era
Dinar Arsa Era Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Dinar Arsa Era Adirian Memiliki hobbi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kampus Mengajar 3 SD Negeri Cacaban 1 Kota Magelang Program Pendampingan Literasi Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi

14 Juli 2022   10:26 Diperbarui: 14 Juli 2022   10:35 119 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka Kemendikbud (MBKM) yang memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk membantu guru dan kepala sekolah.

Setelah melalui serangkaian proses seleksi, mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berhasil lolos ke dalam program Kampus Mengajar 3, mulai ditempatkan di sekolah tingkat SD dan SMP yang ada di seluruh Indonesia untuk membantu proses pembelajaran di sekolah tersebut. Mahasiswa menjalankan program ini selama 1 semester.

Melalui program kampus merdeka ini, maka mahasiswa dapat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Selain itu, dengan adanya program kampus merdeka ini, mahasiswa dapat berbagi ilmu dan pengalaman, serta keterampilan yang dimiliki kepada siswa-siswa yang ada di sekolah tersebut.

Dalam pelaksanaannya, ada 3 program kerja utama yang harus mahasiswa implementasikan selama mengabdi di sekolah penempatan. Program kerja yang selanjutnya lebih dikenal dengan proker tersebut adalah penguatan Literasi, Numerasi, dan pendampingan Teknologi.

Dokpri
Dokpri

Sedangkan Literasi teknologi adalah suatu kemampuan dalam mengetahui sekaligus memahami hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, seperti penggunaan internet, pengenalan alat teknologi pendidikan.

Selain itu, diharapkan peserta didik memahami cara menggunakan internet yang baik dan benar serta etika dalam penggunaan teknologi.  Sehingga dengan penguatan literasi, numerasi dan teknologi ini, peserta didik dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan kemajuan jaman yang sangat cepat.

Untuk implementasi dari penguatan literasi dan numerasi di SDN Cacaban 1, mahasiswa mencoba untuk terus menggalakkan membaca selama 15 menit sebelum KBM berlangsung, selain itu kami juga mendorong peserta didik untuk terus gemar membaca dengan cara menghias rak buku yang ada di dalam tiap-tiap kelas.

Dokpri
Dokpri

Di samping itu, kami juga membuat pohon literasi agar peserta didik termotivasi untuk membaca. Untuk pendampingan teknologi, mahasiswa mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi, seperti pengenalan aplikasi pendidikan "KAHOOT", "Quiziz", "E-Learning", dan aplikasi lain yang dapat menunjang peserta didik dalam mengeksplor pengetahuan mereka di luar sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan