Mohon tunggu...
Dina Putriaji
Dina Putriaji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Dinis

Dinis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apresiasi Karya Mengenang Budi Darma

20 September 2021   23:37 Diperbarui: 21 September 2021   00:13 20 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Budi Darma adalah seorang sastrawan Indonesia yang cukup legendaris. Beliau lahir di Rembang, Jawa Tengah pada tanggal 25 April 1937. Beliau merupakan alumni dari Universitas Gadjah mada, Fakultas sastra, Jurusan sastra Inggris. Kemudian, beliau melanjutkan studi S-2 di Universitas Hawai, Honolulu, Amerika Serikat. 

Beliau juga mendapat gelar Ph. D dari Universitas Hawai juga. Selain aktif sebagai sastrawan dan mengajar sebagai lektor, beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Sastra Inggris, Dekan Fakultas Keguruan Sastra dan Seni dan Rektor IKIP Surabaya. 

Sebagai sastrawan, karya-karya beliau cukup terkenal dan banyak direkomendasikan oleh kalangan sastra maupun penikmat sastra pada umumnya. 

Beberapa karya beliau diantaranya adalah Orang-Orang Bloomington (kumpulan cerpen), Olenka (novel), Rafilus (novel), Solilokui (kumpulan esai), Derabat (cepen), dan masih banyak karya-karya lainnya. 

Budi Darma telah tutup usia pada tanggal 21 Agustus 2021. Untuk mengenang beliau beserta karya-karyanya, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya telah menyelenggarakan seminar online atau webinar Simposium Nasional Menuju Teori Sastra "Dunia Jungkir Balik Budi Darma" pada tanggal 14 September 2021.

Webinar symposium ini dilaksanakan dengan mengundang beberapa narsumber yang merupakan ahli dalam sastra dan kepenulisan, dan beberapa juga pernah berjumpa ataupun cukup akrab dengan almarhum Budi Darma. 

Mereka adalah Akmal N. Basral, Wahyudi Siswanto, Faruk HT, Suyatno, Seno G. Ajidarma, M. Shoim Anwar, Triyatno Triwikromo, Tengsoe Tjahjono, Okky Madasari, Eka Budianta, Ki S. Hendrowinoto, Much. Khoiri, Tommy F. Awuy, Hafiz Rancajale, I Wayan Kun Adyana, dan Djulu Djatiprambudi. 

Keseluruhan webinar ini membahas dan menganalisis karya-karya Budi Darma, mulai dari esai, cerpen, hingga novelnya. Secara garis besar webinar ini mengulas mengenai gaya penulisan, ciri khas, dan pemikiran-pemikiran almarhum Budi Darma. 

Berikut ini adalah pembahasan mengenai gaya penulisan, ciri khas, dan pemikiran-pemikiran almarhum Budi Darma bersumber dari webinar Symposium.

Nalar Jungkir Balik Budi Darma (Faruk HT)

Dalam materi Nalar Jungkir Balik Budi darma yang disampaikan oleh Faruk HT, terdapat beberapa aspek yang berkebalikan dari karya-karya Budi Darma, khususnya novel. Aspek karya sastra tersebut diantaranya, genre sastra, aspek dalam novel, rasionalisme dan empirisme, pandangan jungkir-balik dari Budi Darma, objek-objek Budi Darma, alur, tokoh, dan naratologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan