Mohon tunggu...
Dina Mardiana
Dina Mardiana Mohon Tunggu... Penulis dan penerjemah, saat ini tinggal di Prancis untuk bekerja

Suka menulis dan nonton film, main piano dan biola

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Film Komedi "Insya Allah, Sah!" Tayang Lebaran 2017

7 Juni 2017   20:55 Diperbarui: 7 Juni 2017   21:11 1154 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Film Komedi "Insya Allah, Sah!" Tayang Lebaran 2017
Meet 'n Greet bersama pemeran Raka (Pandji Pragiwaksono) dan Kiara (Donita), serta penulis novel (Achi TM) Insya Allah, Sah! di Gedung MD Pictures, Senin 5 Juni 2017. (foto: dokpri)

Setiap momen lebaran Idul Fitri biasanya selalu dirilis film-film layar lebar bertemakan lebaran yang ditujukan bagi seluruh keluarga. Tidak ketinggalan juga untuk lebaran tahun ini. Pada hari Senin 5 Juni yang lalu saya diundang untuk menghadiri acara Meet ‘n Greet, sekaligus mengikuti acarabuka puasa bersama dua orang pemain film Insya Allah, Sah! di markasnya MD Pictures sebagai production house (PH) yang merilis film tersebut di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Sejak pukul setengah lima sore, awak media dan blogger sudah memenuhi ruangan mezzanine gedung MD Pictures untuk bertemu dengan Pandji Pragiwaksonodan Donita. Sebenarnya pasangan main Pandji adalah Titi Kamal, namun artis cantik pemeran Maura di film AADC ini berhalangan hadir. Yang bikin pangling, Pandji hadir dalam sosok Raka dengan wig, gigi palsu dan kemeja batik ngejreng. Raka merupakan salah satu tokoh sentral di film Insya Allah, Sah!, yang juga menjadi karakter ikonik film tersebut. Saya rasa Raka ini yang nantinya akan menghidupkan cerita sepanjang film.

Silvi (Titi Kamal) yang judes bersanding dengan si Raka yang alim tapi cupu (Pandji), tokoh sentral di film Insya Allah, Sah! (foto: dokumen Entertainment Kompas)
Silvi (Titi Kamal) yang judes bersanding dengan si Raka yang alim tapi cupu (Pandji), tokoh sentral di film Insya Allah, Sah! (foto: dokumen Entertainment Kompas)
Kisah Insya Allah Sah diangkat dari novel berjudul sama karangan Achi TM, yang sudah menulis sekitar 20-an novel sejak tahun 2007. Selain menulis novel, wanita berjilbab dengan nama asli Asri Rachmawati juga menulis skenario serial FTV yang diputar di salah satu televisi swasta. Novel Insya Allah Sah, menurut literatur yang saya baca di internet (karena saya sendiri belum pernah membacanya 😃),  aslinya merupakan kisah drama relijius yang bercerita tentang tokoh Silvi, pemilik butik dengan baju-baju sexy yang ingin segera menikah dengan Dion, seorang Executive Producer. Namun, suatu hari ia terjebak di dalam lift bersama Raka, rekan kerjanya Dion.

 Digambarkan Raka adalah sosok yang alim dan jarang berdekatan dengan wanita. Namun, di film Insya Allah Sah, karakter Raka ditambahkan sebagai sosok pria yang tidak hanya alim, tapi juga konyol dan polos. Kisah filmnya pun akan menjadi cerita yang sarat dengan unsur komedi. Di dalam lift itu Silvi bernazar akan mengenakan jilbab jika berhasil keluar dari lift, meskipun untuk itu ia harus menerima kenyataan bahwa Dion tidak suka wanita berjilbab.

Novel karangan Mbak Achi TM ini juga sebenarnya merupakan bentuk nazar yang terucap oleh Mbak Achi sendiri tatkala ia kehilangan laptop selama bertugas mengisi workshopdi Padang. Saat itu ia tengah mengalami puncak kebosanan karena terus-menerus menulis, sedangkan mimpinya adalah salah satu novel yang dihasilkannya dilirik PH besar dan diangkat ke layar lebar. Mbak Achi bernazar jika laptopnya ketemu, ia akan menulis novel Islami. 

Tidak disangka setelah ia mengucapkan nazar tersebut, laptopnya kembali, meskipun Mbak Achi masih harus diuji karena diinterogasi, disangka polisi tas berisi laptop tersebut adalah barang selundupan. Semakin tidak disangka lagi malam sesudahnya ia ditelpon oleh sebuah penerbit besar yang memintanya menulis sebuah novel Islami. Hhm… rejeki dari Allah memang tidak diduga-duga ya 😊.

Film Insya Allah, Sah! diangkat dari novel Islami berjudul sama karangan Achi TM. (foto: diambil dari website Gramedia)
Film Insya Allah, Sah! diangkat dari novel Islami berjudul sama karangan Achi TM. (foto: diambil dari website Gramedia)
Selain Donita, Pandji, Titi Kamal, turut bermain pula sederetan nama-nama besar yang menjadi cameo dalam film berdurasi 97 menit ini, seperti Deddy Mizwar dan Ira Maya Sopha. Sementara itu, karakter Dion diperankan oleh Richard Kyle, yang menurut cerita Donita serta Pandji bekerja keras berlatih dialog dalam bahasa Indonesia selama proses syuting. Aktor yang sebelumnya model ini memang blasteran Inggris-Australia yang lahir dan besar di luar negeri, jadi ya bahasa Indonesianya memang belum lancar.

Film Insya Allah, Sah! akan tayang mulai tanggal 25 Januari 2017 di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia. Jadi, buat teman-teman yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga selama libur lebaran, film ini bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan yang tidak boleh dilewatkan 😉. ***


Judul Film: Insya Allah, Sah!

Pemain: Titi Kamal, Pandji Pragiwaksono, Richard Kyle, Donita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x