Mohon tunggu...
Dimas Ulinnuha Sadewa
Dimas Ulinnuha Sadewa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Sebuah Perbedaan Conventional Media dan New Media

1 April 2021   18:00 Diperbarui: 1 April 2021   18:05 303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Media Konvesional (Conventional Media) Merupakan media komunikasi yang sudah ada sebelum Media Baru (New Media). Media Konvensional ini adalah media yang digunakan sebagai alat pengiriman atau menerima pesan informasi kepada masyarakat luas agar bisa tersampaikan secara rinci dan jelas. Salah satu bentuk Media Konvesional (Conventional Media) yaitu Surat Kabar. Surat Kabar merupakan media massa yang paling tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. Surat kabar dianggap sebagai bentuk inovasi yang lebih baik daripada buku yang dicetak, yaitu penemuan bentuk literatur, sosial, dan budaya baru. Kekhususan surat kabar jika dibandingkan dengan sarana komunikasi budaya lainnya, terletak pada individualisme, orientasi pada kenyataaan, kegunaan, dan sekularitasnya. Media Konvesional sperti surat kabar biasanya berisikan informasi yang lebih terperinci, lengkap dan panjang. Kualitas jurnalisme konvesional seperti surat kabar ini dalam menyampaikan berita, sangat dipengaruhi oleh orang-orang yang berada di dalam media itu sendiri seperti, wartawannya, penulis, editor, pimpinan serta redaksi. Menangapi perkembangan dari jurnalisme online, banyak surat kabar yang membuat berita versi media baru seperti kompasiana.com, tribunnews.com, radaronline.com dll.

Sifat lokal surat kabar tidak dapat digantikan dengan media online. Surat kabar masih menjadi salah satu medium massa utama bagi orang untuk memperoleh berita. Industri surat kabar mengungguli media berita lain di hampir segala aspek. Di sebagian besar komunitas, surat kabar meliputi berita secara lebih mendalam ketimbang media saingannya. Surat kabar mengandung isi yang amat beragam berita, saran, komik, opini, teka-teki silang, dan data. Ini memperkuat popularitas dan pengaruh surat kabar. Namun di sisi lain, proses pencetakan surat kabar memerlukan beberapa tahapan sehingga proses produksinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bagi sebagian orang informasi yang disajikan dianggap sebagai "berita kemarin" yang menyebabkan orang tidak begitu tertarik untuk mengkonsumsi surat kabar sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi.

Surat kabar dapat dikatakan sebagai media massa tertua. Kontemporer surat kabar memiliki tiga fungsi utama dan fungsi sekunder. Fungsi utamanya ialah to inform, yaitu menginformasikan kepada pembaca secara objektif tentang apa yang terjadi dalam suatu komunitas, negara, dan dunia. Kedua, to comment, yaknimengomentari berita yang disampaikan dan mengembangkannya ke dalam fokus berita, dan ketiga to provide, artinya, menyediakan keperluan informasi bagi pembaca yang membutuhkan barang dan jasa melalui pemasangan iklan media. Sedangkan fungsi sekundernya yaitu untuk kampanye proyek-proyek yang bersifat kemasyarakatan, memberikan hiburan kepada pembaca dengan sajian cerita komik, kartun, dan cerita-cerita khusus, serta melayani pembaca sebagai konselor yang ramah, menjadi agen informasi dan memperjuangkan hak. Adapun yang menjadi karakteristik surat kabar sebagai media massa mencakup publisitas, periodesitas, universalitas, aktualitas, serta terdokumentasikan.

Seiring dengan perkembangan zaman, media massa terus berkembang hingga memunculkan adanya media baru, seperti internet. Adanya persaingan media dan pergeseran gaya hidup menimbulkan persoalan terhadap eksistensi surat kabar. Pengguna media cetak perlahan mulai beralih ke media elektronik atau dengan istilah (New Media) ini. Banyak orang beralih ke media baru karena sudah bosan di pasar media cetak setelah reformasi 1998. Orang melihat media baru dapat memberi keuntungan karena media dianggap lebih murah dibandingkan media konvensional. Hal ini lah yang dapat menunjukan bahwa secara tidak langsung ada persaingan yang sangat ketat antara jurnalisme online dan surat kabar. Selain itu jurnalisme online lebih dipilih oleh masyarakat karena memiliki keunggulan lebih murah, langsung, cepat, dan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat dan juga memiliki fitur multimedia, dan media online menyampaikan berita secara cepat dan singkat.

Media Baru (new Media) merupakan ruang pemberitaan yang memadukan antara teknologi komunikasi (internet) dan jurnalisme konvensional dalam satu ruang yang disebut jurnalisme online. medai baru ini dimana kita menyampaikan sebuah pesan melalui jaringan internet yang akan disampaikan kepada sang pembaca yang bisa di pahami dan dimengerti. Terkait kehadirannya media baru ini masyarakat luas bisa mengakses informasi melalui smarthphone, televisi dan media yang sekarang tidak asing bagi kalangan anak muda maupun orangtua seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dan media-media sosial lainnya.

Kehadiran media online merupakan hal yang positif bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Namun hal yang perlu dicermati dari hasil survei ini adalah bagaimana industri surat kabar dapat melakukan suatu hal yang mampu mempengaruhi generasi usia 18-19 tahun ini untuk membaca surat kabar. pada awalya media online hanya memindahkan isi beritanya yang ada di surat kabar ke media internet dan tidak ada perbedaan sama sekali antara berita versi online dan cetak. munculnya portal media online dari beberapa surat kabar ini, secara tdak langsung bahwa dunia surat kabar telah menyadari bahwa mereka perlu melakukan inovasi-inovasi dan megikuti perkembangan yang ada pada saat ini. Melakukan penyesuaian dan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat ini perlu dilakukan. secara keseluruhan penyajian berita pada media baru dan media konvensional dapat saling melengkapi karena ketika suatu berita di tulis secara singkat dan tidak mendalam di media online, kemungkinan besar orang akan mencari sumber berita lain untuk melengkapi berita yang dirasa belum mendalam pada media online. Sama halnya seperti media cetak, ketika berita yang disajikan hanya berupa tulisan atau kalimat-kalimat dan gambar saja, pembaca dapat dengan mudah melihat video terkait suatu berita di media online dari media cetak yang di bacanya.

Keunggulan yang dimiliki oleh berita online yaitu kecepatan berita yang diberikan kepada pembacanya. Berita-berita yang dimuat pada situs berita selalu up to date sehingga informasinya tidak pernah ketinggalan. selain itu, penawaran 3 yang diberikan oleh berita online adalah pembacanya dapat mengakses informasi secara gratis dan bebas kapan saja dimana saja. Sifat berita online yang menjangkau informasi nasional maupun internasional secara cepat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca online. Namun, ada kalanya kecepatan informasi yang diberikan oleh berita online justru mengesampingkan detail dan juga akurasi berita, karena tujuannya adalah memberikan informasi terkini sebanyak-banyaknya kepada pembaca. Hal yang menjadi kendala atas penggunaan berita online lainnya adalah tidak semua kalangan yang dapat mengakses internet. Berita online hanya dapat diakses oleh masyarakat yang memiliki alat teknologi yang mendukung adanya jaringan internet untuk mengakses berita secara online. Dengan kata lain, internet masih digunakan oleh sebagian kalangan saja berdasarkan tingkat ekonomi dan kondisi sosial, misalnya bagi kalangan mahasiswa. Meskipun seperti yang diketahui bahwa banyak kalangan muda yang mengabaikan penggunaan surat kabar dan justru memilih berita online sebagai media pemenuhan kebutuhan informasinya.

Media Baru juga sangat membantu kita berbisnis online secara mudah, hanya sekedar mengupload brand apa yang mau kita jual di sosial media tersebut. Sosial media jauh lebih kompleks, bila ingin dimaksimalkan manfaatnya untuk mendukung kegiatan marketing dari brand/bisnis yang dimiliki.

Pengukuran atau analisasosial media sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis. Kini, adanya fitur insight pemanfaatan sosial media analytics pada instagram, ternyata memiliki peranan penting dalam membantu pengguna terutama pelaku bisnis dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk maupun layanannya. Ketika suatu bisnis atau perusahaan berhasil menganalisis sosial media dengan baik, maka penjualan produk bisa meningkat dan akan mendatangkan keuntungan. Jika jangkauan aktivitas pengunjung jauh lebih besar maka kita akan lebih mudah untuk menarik konsumen berbelanja di media sosial kita. Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa UAD Prodi Ilmu Komunikasi bernama Dimas Ulinnuha Sadewa yang berbisnis Brand Lokal melalui sosial media instagramnya seperti baju, celana, sepatu dll. Dimas mempromosikan Brandnya melalui instastory maupun feed dan tagar atau mention instagramnya agar jauh lebih banyak pengunjung yang mampir melihat dan mengorder Brandya tersebut. Dengan adanya sosial media tersebut Dimas jadi lebih mudah untuk berbisnis online dan mencari informasi online terkait hal tersebut. 

Dengan pergeseran generasi masyarakat dan perubahan gaya hidup tersebut maka media cetak semakin terancam kedudukannya dalam menyediakan informasi. Hal sederhana yang dapat membuat media online menjadi ancaman bagi surat kabar yaitu pada jumlah pembaca surat kabar yang makin hari makin menurun. Selain itu sifat jurnalisme online yang selalu up to date setiap saat dengan berbagai informasinya, yang kapanpun dan dimanapun masyarakat dapat langsung mengaksesnya melalui handphone, smarthphone, atau gadgetnya yang saat ini bukan menjadi barang yang langka lagi dan bisa di dapatkan di mana-mana.

Namun dalam menyajikan berita baik itu Media Konvensional ataupun Berita Baru, hal mendasar yang perlu diperhatikan adalah perlunya melakukan pengecekan kembali kebenarannya dari suatu berita yang di tulis, agar media tersebut bisa terbaca secara jelas dan tidak menimbulkan kalimat ketidaksalahpahaman atau keliru dan berita yang ditulis tidak menyerang kepentingan individu atau kelompok tertentu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun