Mohon tunggu...
Dimas Adhitya
Dimas Adhitya Mohon Tunggu... Mahasiswa - ?

Saya mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mewujudkan Masyarakat Islam yang Ideal

6 Desember 2021   07:04 Diperbarui: 6 Desember 2021   07:24 161 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MEWUJUDKAN MASYARAKAT ISLAM YANG IDEAL

DIMAS ADHITYA, ACHMAD WAHIDI

UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Jl. Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri No.Kel, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota

Palembang, Sumatera Selatan 30126

Dimasart892@gmail.com

Abstrak

 Masyarakat adalah sekelompok manusia yang hidup dalam wilayah yang sama dan memiliki tujuan yang sama. Dalam pembentukan masyarakat ada unsur-unsur nya seperti bahasa, api dan agama. Sedangkan Islam merupakan agama Allah ( Samawi ) yang diwahyukan kepada Rasul-Nya sejak Nabi Adam As hingga yang terakhir Nabi Muhammad SAW. Secara vertikal Islam mengajarkan agar manusia tunduk,patuh dan menyerahkan diri kepada hukum Allah. Sedangkan secara horizontal Islam mengatur bagaimana seharusnya manusia melakukan hubungan dengan dirinya,bagaimana ia dapat hidup damai,tentram dan bahagia lahir dan batin serta dunia dan akhirat. Agama itu untuk mengatur seluruh aspek kehidupan manusia baik aspek keyakinan, ibadah, sosial, hukum, politik, ekonomi, akhlak dan lain sebagainya maupun untuk pedoman hidup bagi seluruh umat manusia agar dapat tercapai kehidupan yang diridhoi Allah SWT dan kebahagiaan hidup di dunia Akhirat. Agama Islam merupakan Agama yang paling sempurna di sisi Allah SWT adalah agama Islam.

Pendahuluan

 Di dalam ayat-ayat al-Qur'an maupun Sunnah Nabi yang merupakan sumber utama ajaran Islam, terkandung nilai-nilai universal yang menjadi petunjuk bagi kehidupan manusia dulu, kini dan akan datang. Nilai-nilai tersebut antara lain nilai kemanusiaan, keadilan, kemerdekaan, kesetaraan dan sebagainya. Berkaitan dengan nilai keadilan dan kesetaraan, Islam tidak pernah mentolerir adanya perbedaan atau perlakuan diskriminasi di antara umat manusia. Bicara soal masyarakat islam, kita akan diarahkan lebih dulu untuk melihat pandangan al-Qur'an tentang kejadiannya. Sebab, dari arah inilah klaim-klaim, tentang masyarakat islam muncul. Secara kronologis, asal-usul kejadian manusia tidak dijelaskan oleh al-Qur'an.

Masyarakat Islami merupakan masyarakat yang dekat dengan Allah Swt dalam segala kegiatannya di dunia. Asas pertama kali yang tegak dalam Sebuah masyarakat adalah aqidah, khususnya aqidah Islam. Maka tugas Masyarakat yang pertama, yaitu memelihara, menjaga, dan memperkuat Aqidahnya agar tidak goyah saat menghadapi kehidupan di era globalisasi Yang penuh dengan hasutan orang-orang yang ingin menghancurkan agama Islam. Aqidah Islam itu membangun, bukan merusak serta mempersatukan Umatnya dan tidak memecah belah. Pada akhirnya, aqidah akan Mempengaruhi pandangan kaum Muslimin terhadap alam semestanya dan Penciptanya. Semakin kuat aqidah pada seseorang akan menumbuhkan rasa Cinta pada Rabbnya karena, ia akan menyadari bahwa pencipta alam semesta Ini adalah Yang Maha Pencipta yaitu Allah Swt sehingga, akan membawa Pikirannya kepada Allah Swt yang wajib dan satu-satunya disembah karena tidak ada sekutu bagi-Nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan