Mohon tunggu...
Dimas FadhillahAkbar
Dimas FadhillahAkbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - tugas

belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Karir

Kisah Refly, Mahasiswa UMS Memanfaatkan Waktu Luang dengan Berjualan Thrifting

7 Desember 2021   13:11 Diperbarui: 7 Desember 2021   13:30 206 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bannybanny.id, tempat usaha milik Refly Firmansyah berlokasi di Daerah Sragen. (Foto oleh Dimas Fadhillah Akbar)

Sragen - Tampil keren dan bergaya harus mengeluarkan biaya yang mahal?. Refly Firmansyah, pemuda berusia 19 tahun mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta asal Sragen, kuliah sambil berbisnis baju. Keputusan yang diambil pada April 2020 lalu, di tengah kondisi pandemi. Hal yang mampu mengubah cara hidupnya hingga saat ini.  Refly Firmansyah dengan bisnisnya yang mampu bertahan ditengah kondisi pandemi sekarang.

Bagi sebagian orang terutama mahasiswa saat ini, waktu luang memang banyak mereka terima dikarenakan kondisi pandemi saat ini. Waktu luang yang biasa dihabiskan dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Namun inilah kisah Refly yang mampu membuat waktu luangnya bermanfaat dan menghasilkan sesuatu. Refly yang tidak mau waktu luangnya terbuang sia-sia berfikir dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut.

Diberlakukannya PPKM pada saat itu membuatnya harus mengikuti perkuliahan secara online dan membuat waktu luangnya dirumah jadi banyak. Hari-hari yang di habiskannya dengan berkumpul dan menjajankan uangnya hari demi hari membuat Refly berpikir untuk keluar dari zona nyamannya. Di tengah waktu luangnya Refly mencari ide untuk memanfaatkan waktunya menjadi sedikit produktif yang membawanya berbisnis saat ini.

"Awalnya bisnis saya ini hanya karena iseng buat mengisi waktu luang saya," ceritanya saat mengingat masa-masa dimulainya berbisnis. Inilah rejeki yang diturunkan oleh Tuhan, bisnis pertama yang dicobanya pada April 2020 tersebut akhirnya membuahkan hasil dan mulai berkembang hingga sekarang. Usaha untuk membuat barang bekas menghasilkan uang.

Thrifting sendiri sudah dikenal baik oleh kaum pencinta vintage. Di Indonesia sendiri, thrifting telah memiliki kalangan penggemarnya sendiri. Konsep yang mendukung kampanye zero waste disambut baik oleh banyak kalangan yang diantaranya adalah anak muda.

Mengatakan jika Thrifting sebagai barang-barang bekas, namun istilah ini ternyata tidak tepat. Merujuk pada kamus urbna, thrifting merupakan kegiatan berbelanja demi mendapatkan harga barang yang lebih murah dan barang yang tidak biasa seperti selera pada saat ini. Walaupun terbilang thrifting atau thriftshop merupakan barang bekas pakai, namun bukan berarti kualitas barang yang dijual tidak bagus. Barang-barang yang dijual di toko thrift biasanya masih dalam keadaan baik dan berkualitas.

Refly Firmansyah di saat waktu luangnya. (foto oleh Dimas Fadhillah Akbar)
Refly Firmansyah di saat waktu luangnya. (foto oleh Dimas Fadhillah Akbar)

"Awalnya saya itu mulai coba dari jual celana merek tertentu, terus jualannya itu saya online lewat media sosial dan laku. Kemudian saya mulai coba ke jenis jaket dan laku juga sampe sekarang. Terkumpulah uangnya sedikit-sedikit sampai sekarang, uangnya sudah bisa saya pakai buat sewa toko. Alhamdulilah mungkin ini memang jalan yang sudah diberikan Tuhan," cerita Refly yang ditemui di tempatnya bekerja saat waktu luangnya.

Hal yang awalnya berupa keisengan, kini telah membuat Refly semakin ingin untuk membuat hal yang dilakukannya semakin besar. Banyaknya peminat dan kesenangan yang didapat saat melakukan bisnisnya membuat Refly semakin semangat dalam usahanya. Hal ini tampak terlihat saat wawancara yang dilakukan, ambisi Refly saat menceritakan usahanya tampak jelas terlihat.

"Senangnya saya disini, saya bisa ketemu orang yang punya minat bisnis sama kaya saya terus bisa saling tukar ide dan nyambung juga obrolannya. Nggak sukanya ya kalau dapat barang jelek gitu, tapi ya namanya bisnis pasti ada yang namanya resiko," kata Refly saat menceritakan suka dukanya dalam menjalankan bisnis tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan