Mohon tunggu...
Dillah Aprillia Rahmayanti
Dillah Aprillia Rahmayanti Mohon Tunggu... Life is Journey to Learn n Give

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Self Reminder: Nyenengin Orang Lain Enggak Perlu Sampe Nyusahin Diri Sendiri

7 April 2021   13:55 Diperbarui: 7 April 2021   14:25 568 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Reminder: Nyenengin Orang Lain Enggak Perlu Sampe Nyusahin Diri Sendiri
kumparan.com

Sadar nggak sadar, bisa jadi selama ini kamu terlalu fokus nyenengin orang lain sampai lupa nyenengin diri sendiri. Bahkan sampai kamu nggak sadar kalau itu terkadang menyusahkan dirimu sendiri. Padahal seharusnya kebahagiaan diri sendirilah yang lebih utama. Membuat orang lain bahagia itu tidak ada salahnya, tapi jangan sampai melupakan kebahagiaan untuk diri sendiri. 

Selain itu, sebagai seorang muslim kita juga dianjurkan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain, karena hal tersebut dapat memberikan manfaat yang baik. Dalam islam, kebahagiaan menjadi elemen penting yang patut diraih dan dipertahankan oleh setiap insan. Tak hanya semata kebahagiaan dunia, melainkan juga kebahagiaan untuk kehidupan selanjutnya yang abadi (akhirat).

Terkadang kamu sendiri selalu ingin membuat orang lain senang dengan berbagai macam cara dan segala pengorbanan yang dilakukan. Entah itu buat teman atau bahkan pacar dan untuk urusan-urusan yang lain, janganlah sampai itu menyusahkan dirimu sendiri. Kamu harus tahu dan ingat bahwa itu semua ada batasannya masing-masing. Pengorbanan memang bagus, itu berarti kamu punya sesuatu yang bisa diberikan kepada orang lain, terlebih orang itu yang kamu anggap istimewa.

Semua itu bisa hadir dari mana saja, mulai dari dunia studi dan pekerjaan, kemudian keluarga, hingga urusan cinta yang kita tidak akan terlepas darinya. Terlalu fokus mewujudkan keinginan orang lain sampai susah buat nolak, terus giliran mau ngurusin diri sendiri udah capek karena semuanya terlalu didedikasikan untuk orang lain. Terlihat berkorban di depan orang lain sampai nggak ada waktu buat diri sendiri, untuk apa? Segala hal dilakukan demi orang lain merasa dihargai, tapi terkadang hal tersebut malah menyusahkan diri sendiri.

Belum lagi ketika sampai pada, semua pengorbanan sudah kamu lakukan, tapi malah nggak dihargai, gimana tuh? Udahlah, itu kamu rugi waktu, rugi pikiran, rugi emosi bahkan tenaga, yang ada jadi susah sendiri kan? Memang nggak ada salahnya kamu mau berkorban buat orang lain, tapi yang jadi masalah kamu sering dibutakan oleh definisi pengorbanan. Membuat bahagia orang lain memang baik, tapi ketika kamu mengorbankan semua kepentinganmu untuk orang lain itu adalah kesalahan.

Pernah merasa kecewa? Rasa kecewa itu bisa hadir karena kamu terlalu sibuk memperhatikan perasaan orang lain. Kamu sibuk memikirkan kebahagiaannya dengan mengorbankan perasaan dan keinginanmu sendiri. Ketika semua pengorbanan yang sudah kamu lakukan, namun kenyataan yang kamu dapatkan tidak sesuai dengan pengorbananmu, disitulah kekecewaan muncul. Sejatinya perlu diingat, terlalu berharap lebih pada manusia itu juga membuat tingkat kekecewaanmu semakin tinggi.

Seperti kata-kata Ali bin Abi Thalib, "Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia"

Lagi-lagi kebahagiaan dirimu sendiri menjadi yang utama. Bahagaiakan dirimu sendiri, sebelum orang lain. Pastikan apa yang akan kamu lakukan untuk membuat orang lain bahagia itu nantinya tidak menyakiti dirimu sendiri. Jangan membohongi dirimu sendiri jika tidak ingin kecewa.

Sebelumnya juga kamu harus mengetahui dulu, apa alasanmu membahagiakan orang lain. Pastikan juga kamu mengetahui tujuan dari hal tersebut. Ini nantinya dapat membantu menyinkronkan langkah selanjutnya yang akan kamu tempuh. Jika langkah yang kamu yakini sudah tepat, dalam menjalaninya nanti akan merasa lebih ikhlas dan tidak mengharap untuk mendapat imbalan. Apabila hasilnya tidak sesuai, maka kamu juga sudah dapat mengontrol kekecewaanmu dan tidak lagi menyalahkan keadaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x