Mohon tunggu...
Dilla Hardina
Dilla Hardina Mohon Tunggu... Copywriter

Bergelut di dunia kreatif

Selanjutnya

Tutup

Karir

Strategi Pustakawan Menghadapi Era Disrupsi Profesi

31 Juli 2020   16:14 Diperbarui: 31 Juli 2020   16:09 30 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Pustakawan Menghadapi Era Disrupsi Profesi
Canva.com


Saat ini, kita tengah hidup di era disrupsi, di mana ada banyak sekali profesi yang telah menghilang karena tidak dapat bertahan dengan gempuran perubahan zaman. Bahkan, di masa mendatang aka nada lebih banyak lagi profesi yang tergantikan oleh teknologi canggih yang bertujuan untuk meminimaliisr adanya human eror.

Salah satu profesi yang terancam punah di masa mendatang adalah pustakawan. Hal ini karena sudah ada tanda-tanda sejak dini yang menunjukkan bahwa profesi pustakawan tidak lagi penting di mata masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ladang profesi pustakawan sekolah yang diambil alih oleh para guru.

Selain itu, di masa sekarang, mayoritas masyarakat lebih senang mencari informasi lewat internet daripada ke perpustakaan. Sehingga, eksistensi pustakawan pun kian meredup di tengah perkembangan zaman.
Maka dari itu, di sini saya akan mencoba membahas strategi pustakawan dalam menghadapi era disrupsi porfesi. Seperti apa penjelasannya? Simak terus pembahasan kali ini.

Menjadi Solution Maker

Sebuah perpustakaan dikatakan mempunyai koleksi yang lengkap jika informasinya mutakhir dan mampu memberikan solusi atas permasalahan dari penggunanya. 

Supaya perpustakaan dapat berfungsi sebagai media informasi, maka pustakawan juga perlu berperan sebagai solution maker yang mampu mengubah informasi menjadi pengetahuan, sehingga pengetahuan tersebut dapat dijadikan solusi atas berbagai kendala pencarian informasi yang dialami oleh pemustaka.

Social Librarian

Seorang pustakawan harus peka terhadap kebutuhan informasi masyarakat, dalam hal ini pustakawan harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Selain itu, pustakawan harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas agar mampu memberikan pelayanan informasi yang terbaik bagi penggunanya. 

Sebagai sosial librarian, pustakawan harus mulai menggeser perannya, dari penyedia informasi menjadi pencipta pengetahuan, baik dalam pembelajaran, pendidikan, maupun penelitian.

Menjadi Pustakawan 4.0

Revolusi industri 4.0 merupakan suatu keniscayaan. Di era ini, pustakawan harus meningkatkan kompetensi, terutama kemampuan mengaplikasikan teknologi digital dalam membangun konten, memperluas jaringan dan meningkatkan fleksibilitas dalam menghadapi suatu isu/pesoalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x