Mohon tunggu...
Dika Wahyuningrum
Dika Wahyuningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN UPGRIS 2021

Pendidikan Biologi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN UPGRIS Mengedukasi Warga Desa Poncoharjo Demak Lakukan Cuci Tangan Pakai Sabun

27 Februari 2021   17:26 Diperbarui: 27 Februari 2021   17:42 33 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UPGRIS Mengedukasi Warga Desa Poncoharjo Demak Lakukan Cuci Tangan Pakai Sabun
dok. pribadi

Pandemi Covid-19 saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia. Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengeluarkan imbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah virus jenis baru ini. Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung.

Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan CTPS. Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, tetapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup.

Mencuci dengan air saja jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memindahkan virus dari permukaan kulit. Jadi, cucilah tangan dengan sabun (CTPS) karena mengandung senyawa seperti lemak yang disebut amphiphiles, yang mirip dengan lipid yang ditemukan dalam membran virus. 

Ketika sabun bersentuhan dengan zat berlemak ini, sabun mengikatnya dan menyebabkannya terlepas dari virus. Ini juga memaksa virus melepaskan diri dari kulit.

Berikut ini merupakan 6 langkah mencuci tangan yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia WHO untuk mencegah Covid-19 :
1. Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan
2. Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya
3. Gosok sela-sela jari
4. Punggung jari tangan kanan digosokkan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci
5. Ibu Jari tangan kiri digosok berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya
6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya.

Dengan adanya edukasi CTPS kepada warga Ds. Poncoharjo RT 04 / RW 02 Kec. Bonang, Kab. Demak yang diadakan oleh mahasiswa KKN, diharapkan mampu menyandarkan warga betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan menggunakan sabun untuk mencegah penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN