Mohon tunggu...
Dika dona Syahputra
Dika dona Syahputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Masyarakat,Universitas Negeri Medan

Saya Dika Dona Syahputra, seorang mahasiswa yang sedang mengejar gelar dalam bidang Pendidikan di Universitas Negeri Medan. Saya lahir pada tanggal 27 November 2002. Saya selalu merasa tertarik dan termotivasi untuk memahami peran penting pendidikan dalam membuka peluang kehidupan yang lebih baik bagi semua orang. Melalui studi di bidang Pendidikan, saya berusaha untuk mendalami berbagai konsep dan praktik yang dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Saya percaya bahwa pendidikan memiliki kekuatan untuk mengubah masa depan dan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi individu dan komunitas. Saya sangat antusias dalam mengembangkan diri saya sebagai seorang mahasiswa. Saya aktif terlibat dalam kegiatan akademik dan ekstrakurikuler di kampus, yang memungkinkan saya untuk mengasah keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kolaborasi. Saya juga terus mengikuti perkembangan terkini dalam bidang pendidikan untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman saya. Dalam perjalanan studi saya, saya berharap dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh untuk menginspirasi dan memberdayakan masyarakat dalam mencapai potensi penuh mereka. Saya ingin berkontribusi dalam memajukan sistem pendidikan yang inklusif, inovatif, dan berkeadilan bagi semua individu. Saya optimis bahwa dengan semangat, dedikasi, dan upaya yang tak kenal lelah, saya akan menjadi seorang profesional pendidikan yang mampu membuat perbedaan positif dalam kehidupan orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Medan

"Susur Sungai Babura" Bantu Wujudkan Destinasi Ekowisata di Kota Medan

22 Juni 2023   20:13 Diperbarui: 22 Juni 2023   20:18 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebuah tim dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan (Unimed), yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Pendidikan Masyarakat FIP Unimed, telah melakukan eksplorasi menyusuri Sungai Babura di Kota Medan pada hari Rabu, 21 Juni 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengamati dan mengeksplorasi potensi wisata yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan sungai sebagai destinasi ekowisata di Kota Medan. Kegiatan ini merupakan tahap awal dari program kemitraan yang akan dilakukan oleh tim dalam waktu dekat, bekerja sama dengan masyarakat di Kampung Sejahtera Kota Medan.

Tim ini dipimpin oleh Ketua tim, Mahfuzi Irwan, S.Pd., M.Pd., dan anggotanya termasuk Prof. Dr. Yusnadi, MS., Yuzia Eka Putri, ST., M.Par., dan Melly Br Bangun, S.Kom., M.Kom. Tim juga melibatkan beberapa mahasiswa, yaitu Rachel Elisabet Ginting, Dika Dona Syahputra, Azzahwa, dan Cristina Saragih.

Mahfuzi, sebagai Ketua tim, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian sebagai dosen kepada masyarakat. Setelah menjelajahi sungai ini, tujuan akhirnya adalah memberikan pendampingan untuk mengembangkan Rintisan Kampung Eco-Wisata "Susur Sungai Babura" berbasis komunitas dan literasi pariwisata di Kampung Sejahtera Kota Medan.

Dia juga menekankan bahwa Sungai Babura dan Kampung Sejahtera memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan destinasi ekowisata di Kota Medan. Oleh karena itu, tim akan berupaya untuk mewujudkan potensi tersebut melalui pendekatan berbasis pendidikan masyarakat dengan bekerja sama dengan berbagai komunitas yang telah berjuang sebelumnya untuk mengembangkan Destinasi Ekowisata "Susur Sungai Babura".

Dokpri
Dokpri
Kepala Lingkungan, Adi, memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh tim PKM Unimed. Dia mencatat bahwa wisata Sungai Babura sempat mengalami masa vakum dan menghadapi kendala seperti kurangnya pengunjung, masih adanya pembuangan sampah oleh masyarakat ke sungai, dan minimnya fasilitas yang ada.

Dia berharap bahwa kegiatan selanjutnya yang akan dilakukan oleh tim ini dapat membawa dampak positif bagi destinasi ekowisata susur sungai Babura, terutama bagi masyarakat di Kampung Sejahtera, sehingga kendala-kendala yang ada dapat teratasi secara bertahap.

Selanjutnya, Tim PKM Unimed akan merancang produk seperti katalog destinasi Ekowisata Susur Sungai Babura, yang akan diarahkan kepada masyarakat di Kampung Sejahtera. Tim juga akan memberikan pendampingan kepada masyarakat tersebut, seperti pelatihan dalam pemanfaatan fotografi dan pengelolaan media sosial, untuk mendukung eksistensi destinasi ekowisata susur Sungai Babura.

Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid, menyampaikan terima kasih kepada Unimed yang telah peduli terhadap lingkungan dan melanjutkan visi serta misi program P3KS dalam menjadikan sungai sebagai destinasi wisata.

Sebagai masyarakat di Kampung Sejahtera, mereka mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Medan yang telah memperhatikan Sungai Babura. Mereka berharap dapat bekerja sama dalam mewujudkan mimpi besar masyarakat Kampung Sejahtera dengan menjadikan Sungai Babura sebagai destinasi wisata. Dengan adanya wisata Sungai Babura, diharapkan perekonomian masyarakat Kampung Sejahtera dapat meningkat dan kebersihan sungai dapat tetap terjaga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Medan Selengkapnya
Lihat Medan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun