Mohon tunggu...
Dihin Puspita
Dihin Puspita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Untag Surabaya

Hallo perkenalkan nama saya Dihin Puspita Hobby saya membaca, mendengarkan musik dan berenang. Sekian Terimakasih.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa Untag Surabaya Mengimplementasikan KKN Desain Grafis UMKM sebagai Media Promosi dalam Pemasaran Digital

30 Juni 2022   17:07 Diperbarui: 30 Juni 2022   17:12 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sidoarjo, 30 June 2022 -- KKN atau dikenal dengan Kuliah Kerja Nyata merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. KKN rasanya sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa.

Bahkan, kegiatan tersebut diwajibkan di tataran Perguruan Tinggi sebagai pertanggung jawaban atas aplikasi disiplin ilmu dari teoritis ke empiris serta perwujudan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Universitas 17 Agustus Surabaya atau dikenal dengan sebutan Kampus Merah Putih ini menyelenggarakan Kegiatan KKN setiap tahun.

Dalam program kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh pihak kampus Universitas 17 Agustus Surabaya ini yang diselenggarakan pada tanggal 30 mei 2022 sampai dengan 30 june 2022. Jangka waktu pelaksanaan progress kegiatan KKN ini selama 1 bulan ( 12 hari kerja ).

Tema yang diusung kali ini yaitu "Digitalisasi UMKM Menggunakan Media Desain Grafis ".

Lewat tema ini, Mahasiswa KKN Untag Surabaya berharap dapat meningkatkan keterampilan dan kreatifitas dalam dunia desain sehingga mampu bersaing di era digitalisasi dan dapat memberikan kemajuan produk usaha UMKM agar lebih unggul serta dapat memikat para konsumen.".

Namun sayangnya di situasi sekarang ini masih belum stabil maka dari itu terdapat perubahan dari skema KKN tahun-tahun sebelumnya yang biasa dilakukan secara berkelompok kini berubah dilakukan secara individu karena mengingat kita semua tetap harus waspada, karena covid-19 masih ada.

Tetapi hal tersebut bukanlah menjadi kendala dan semangat kiprah bagi Dihin Puspita Assaidah, mahasiswa Sastra Jepang di bawah bimbingan ibu Siti Mutrofin, S.Kom., M. Kom. Selaku dosen pembimbing lapangan. Program Kuliah Kerja Nyata ini akan ditujukan kepada pemilik UMKM di desa berbek iii no 13 RT/04 RW/02 waru sidoarjo.

Pada program kerja KKN ini, Dihin Puspita menentukan UMKM yang akan dibantu, lalu melakukan survey dan mewawancarai pemilik UMKM. UMKM yang berjenis toko klontong yang bernama toko Jaya Puspita milik Ibu Willah ini mengalami sepi nya pelanggan hingga penurunan penghasilan karena dampak dari pandemi dan kalah daya saing. 

Berdasarkan temuan masalah lokasi kegiatan kkn tersebut, Dihin Puspita membantu mitra UMKM untuk meningkatkan penghasilan agar memenuhi target. 

Adapun program kerja kegiatan kkn yang dilakukan oleh dihin seperti memberikan pengetahuan dan wawasan tentang desain grafis dan melakukan pelatihan desain grafis dengan menggunakan photoshop sehingga menghasilkan banner, stiker yang siap cetak untuk membantu menarik minat konsumen agar membeli di toko bu willah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan