Mohon tunggu...
digitalbox
digitalbox Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Milenial yang hobi baca berita lifestyle dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tips Supaya Kamu Para Jobseeker Cepat Mendapat Pekerjaan

27 Mei 2022   09:30 Diperbarui: 27 Mei 2022   09:34 46 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mendapat pekerjaan adalah impian hampir setiap orang, terutama bagi mereka kaula muda yang masih fresh graduate. Memang mencari pekerjaan adalah hal yang sulit untuk dilakukan apalagi di masa sekarang ketika perekonomian sedang tidak stabil, namun kamu bisa coba beberapa tips berikut ini untuk mempermudah kamu mencari pekerjaan.

1. Buatlah Resume & Portofolio Yang Menarik
Resume atau CV adalah hal penting ketika kamu ingin melamar pekerjaan, kesalahan yang sering dilakukan dalam penulisan CV biasanya karena kurangnya informasi seputar pekerjaan apa yang kalian lakukan sebelumnya, selain itu CV yang dibuat menggunakan microsoft word sudah tidak terlalu menarik, buatlah CV yang lebih kreatif damun tetap terkesan formal.

2. Daftar Di Platform Perkembangan Karir/Job Seeker
Kamu bisa coba mendaftarkan dirimu di situs lowongan kerja seperti Glints, Indeed, Kalibrr, dan Urbanhire. Selain bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar, situs/platform tersebut juga lebih mempermudahmu ketika ingin melamar pekerjaan.

3. Perbaiki Tampilan LinkedIn
Hampir setiap perusahaan memiliki akun LinkedIn dan sering pula mereka membagikan info tentang lowongan kerja, berarti dengan seperti itu proses pelamaran yang kamu ajukan juga akan lebih mudah. Namun besarnya daya saing di LinkedIn membuat kamu harus sering-sering aktif menggunakannya supaya perusahaan dapat melihat akunmu.

4. Follow Akun Info Lowongan Kerja
Di media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook banyak akun yang membagikan info seputar lowongan pekerjaan loh. Kamu bisa follow akun-akun tersebut untuk lebih mengetahui tentang informasi lowongan pekerjaan ter-update.

5. Improve Skill Selagi Menunggu Panggilan
Saat kamu sedang sibuk dengan sesuatu waktu jadi berlalu cepat, kamu juga akan merasakan hal yang sama ketika belajar untuk meningkatkan skill-mu karena waktu ketika kamu menunggu panggilan interview/kerja tidak akan terasa lama. Selain itu hal ini dapat membuat citramu baik di mata recruiter loh karena kamu menjadi pribadi yang suka belajar.

Memang tidak ada sesuatu yang selalu berjalan dengan mulus, kuncinya adalah bukan seberapa keras kamu mencoba tetapi seberapa bisa kamu meningkatkan kualitas dirimu sendiri. Ingatlah bahwa melangkah ke depan bukan satu-satunya jalan, masih banyak jalan lain yang bisa kamu coba untuk menuju pekerjaan impianmu.

Tetap optimis dan jangan lupa untuk selalu belajar ya!


---
[Ingin Cepat Dapat Kerjaan Impian? 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan