Mohon tunggu...
Difa Shop
Difa Shop Mohon Tunggu... Menebar Manfaat dan Kebaikan buat Sesama

https://www.difashop.com toko online terpercaya jual produk kecantikan dan kosmetik aman standar BPOM harga murah dan terjangkau. Dapatkan produk berkualitas dan layanan memuaskan dari kami

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bahaya Rambut Rontok yang Berlebihan bagi Kesehatan

19 November 2019   16:36 Diperbarui: 27 November 2019   08:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bahaya Rambut Rontok yang Berlebihan bagi Kesehatan
Gambar ilustrasi orang depresi karena rambut rontok via difashop.com

Rambut rontok ternyata menimbulkan dampak yang tidak hanya mempengaruhi penampilan seseorang. Tapi jauh daripada itu, kerontokan rambut juga memiliki andil besar terhadap kejiwaan dan kesehatan mental seseorang. 

Bayangkan jika anda sedang berjalan di suatu tempat dan memandang laki-laki yang rambutnya botak. Bukan suatu masalah yang besar bukan? 

Namun, bagaimana jika seorang wanita cantik tengah berjalan dengan kepalanya yang plontos tentu sangat 'menarik' untuk dilirik.

Nah, untuk mengetahui pentingnya menjaga kesehatan rambut dan menghindari rambut rontok berlebih, berikut adalah fakta mengenai beberapa akibat dari rambut rontok dan botak (alopecia areata) yang harus anda waspadai, antara lain adalah :

Bahaya Rambut Rontok Berlebihan bagi Wanita

Penelitian yang mempelajari hubungan antara psikologi dengan kerusakan rambut (khususnya rambut rontok) masih sedikit. Namun begitu, tidak sedikit orang  yang telah merumuskan apa saja dampak negatif rambut rontok terhadap psikologi seseorang.

Dikutip dari dermnetzn.org bahwa rambut rontok bisa menimbulkan gangguan kesehatan mental seseorang, terutama wanita. Beberapa studi kasus yang telah dilakukan peneliti mendapati hasil bahwa sebagian besar orang yang mengalami kerontokan rambut akan mengalami penurunan kepercayaan diri, minder dan selalu was -- was ketika berada di keramaian. Beberapa orang menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut secara alami.

Depresi

Dalam perkembangannya, dampak negatif rambut rontok ternyata cukup mencengangkan. Jika gejala awal gangguan rambut rontok, seperti minder dan rendahnya kepercayaan diri dibiarkan, maka gangguan psikologis lebih serius adalah depresi.

Depresi ditandai dengan perasaan kurang bersemangat, acuh terhadap apapun yang terjadi disekeliling. Kadang muncul rasa lelah dan tidak ingin melakukan apapun. Lebih lanjut, gejala depresi adalah susah tidur di malam hari.

Perasaan depresi yang terjadi dapat diatasi dengan metode pengobatan khusus gangguan kejiwaan (psikologi) seperti Cognitive Behavioural Therapy. Orang yang diterapi biasanya dibantu dengan konsumsi obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis antidepresan. Cara lainnya adalah meningkatkan intensitas komunikasi dengan orang-orang tersayang. Sering berkumpulnya antara sesama teman dengan permasalahan yang sama dapat meningkatkan probabilitas kesembuhan seseorang menjadi jauh lebih besar.

Hal ini acapkali dilihat oleh perusahaan maklon shampo sebagai peluang usaha. Mereka membuat produk penumbuh rambut yang ampuh untuk membantu orang yang rambutnya mudah rontok.

Gangguan kecemasan (anxiety disorders)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x