Mohon tunggu...
Dienrapra
Dienrapra Mohon Tunggu... Penulis - writerpreneur

Man Jadda Wa Jadda

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Persediaan Peralatan Kesehatan dan Obat di Rumah

17 Mei 2022   11:36 Diperbarui: 18 Mei 2022   21:04 77 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: nova.grid.id

Bila berbicara tentang sakit juga berbeda-beda gejalanya, tentu kita tidak ingin mengalaminya. Apabila hal tersebut terjadi sebagai orang tua harus menyediakan peralatan dan obat-obat di rumah. Anak yang sakit membuat orang tua menjadi panik, khawatir, sedih dan bingung ingin segera sembuh ceria kembali.

Kadang saat mengalami sakit tak terduga, apalagi kalau fasilitas kesehatan di sekitar rumah libur tidak tersedia pelayanan. Kita harus sudah mempersiapkan diri dengan membeli stok obat dan peralatan kesehatan di rumah. Sehingga menyimpan stok obat di rumah sangat bermanfaat disaat mendesak. 

Stok obat di rumah dapat dibeli di apotik atau warung dekat rumah yang dapat diperoleh secara bebas tanpa resep dokter. Dalam hal ini sebagai pertolongan pertama guna mencegah peradangan pada tubuh yang sakit atau terluka. Namun perlu diwaspadai juga kadar kadaluarsa dari obat tersebut agar tidak membahayakan dan keracunan.

Apalagi saat pandemi, dimana disarankan untuk tidak keluar rumah, kita perlu mempunyai persediaan peralatan kesehatan dan obat di rumah. Peralatan kesehatan dan obat di rumah biasanya dimasukkan ke dalam Kotak P3K, sehingga dapat dibawa saat bepergian.

Kotak P3K sebagai alat untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan ringan atau berat secara tiba-tiba menjadi pertolongan pertama guna mencegah dampak yang lebih fatal. Oleh karena itu, penting perlu adanya persediaan peralatan kesehatan dan obat di saat di rumah maupun bepergian. 

Selama pandemi dengan banyaknya rumah sakit yang penuh dan kuwalahan sehingga pasien yang mengalami sakit lain menjadi mengalami hambatan. Maka dari itu perlu adanya persediaan peralatan kesehatan dan obat di dalam rumah untuk berjaga-jaga jikalau penyakit menghampiri, apalagi bagi yang sedang menjalani isolasi mandiri.P3K sebagai upaya pertolongan sementara pada korban kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan medis, menyediakan peralatan atau obat guna membantu dalam keadaan darurat dan perlu tersedia di berbagai tempat. Kotak P3K beserta isinya lebih baik diletakkan pada tempat dapat mudah ditemukan.

Pada tempat umum biasanya ditandai dengan tanda palang merah. Bagi kalangan sendiri guna pertolongan secara mandiri lebih baik setiap rumah tersedia kotak P3K maupun pada kendaraan pribadi untuk persediaan selama bepergian. 

Ketika bepergian pada tempat yang jauh dari fasilitas kesehatan, disarankan menyediakan kotak P3K yang lengkap isinya seperti mendaki gunung, berkemah, berperahu atau menyelam. 

Isi kotak P3K meliputi peralatan untuk luka dan obat-obatan. Selain daripada itu juga menyiapkan satu set bidai dalam mengantisipasi terjadinya cedera otot atau sendi dan langkap pertama pada pertolongan patah tulang yang tepat. Pastikan kotak P3K tahan air sehingga isinya tetap awet dan disimpan pada tempat yang sejuk dan kering.

Ketika menyimpan obat-obatan pastikan dipisahkan dengan peralatan kesehatan lainnya. Dapat mempergunakan kantong plastik dengan perekat atau kotak obat yang diberi label. Selalu periksi isi kotak P3K secara berkala dan mengganti obat yang telah melewati tanggal kadaluarsa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan