Mohon tunggu...
Usman Didi Khamdani
Usman Didi Khamdani Mohon Tunggu... Programmer - Menulislah dengan benar. Namun jika tulisan kita adalah hoaks belaka, lebih baik jangan menulis

Kompasianer Brebes | KBC-43

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

[Lifehack] Restorasi Foto Jadul dengan Photoshop

17 Agustus 2022   17:58 Diperbarui: 17 Agustus 2022   18:11 441 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto sebelum dan sesudah direstorasi | koleksi pribadi

Foto menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi kita. Dengan foto, kita bisa mengenang kembali masa-masa yang pernah kita lewati.

Foto-foto pun kemudian kita cetak dan kita bingkai dengan rapi yang kemudian kita pasang di dinding atau pun di atas meja, atau kita simpan di dalam album foto.

Namun, seiring waktu, terkadang cetakan-cetakan foto tersebut menjadi rusak.

Jika untuk foto yang kita ambil secara digital, kita tinggal mencetaknya kembali, tentu saja ini tidak berlaku untuk foto jadul yang bahkan cetakannya hanya satu-satunya tersebut.

Satu-satunya cara, tentu dengan memfoto ulang cetakan foto tersebut lalu kita perbaiki kembali dan kemudian kita cetak kembali.

Beruntung, di jaman sekarang, memperbaiki atau merestorasi foto yang telah rusak, bukan lagi hal yang begitu sulit untuk dilakukan. Banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk melakukannya. Salah satunya adalah aplikasi yang biasa kita gunakan untuk membuat desain grafis, yaitu Photoshop. Kita bisa menggunakan versi Photoshop yang sudah jadul sekalipun.

Untuk memperbaiki foto jadul menggunakan Photoshop, pertama, setelah foto tersebut kita buka di Photoshop, kita perlu meluruskan terlebih dahulu posisi foto yang mungkin tidak simetris (lihat gambar 1 di bawah).

Gambar 1 (Dokpri)
Gambar 1 (Dokpri)

Kita buat guide terlebih dahulu untuk memudahkan dengan mengklik menu View->New Guide. Buat dua buah guide horisontal dan vertikal yang kemudian membentuk kotak persegi panjang dengan dimensi 3:4 (lihat gambar 2 di bawah).  

Gambar 2 (Dokpri)
Gambar 2 (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan