Mohon tunggu...
Usman Didi Khamdani
Usman Didi Khamdani Mohon Tunggu... Programmer - Menulislah dengan benar. Namun jika tulisan kita adalah hoaks belaka, lebih baik jangan menulis

Kompasianer Brebes | KBC-43

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Memahami Penyebab Kebocoran dan Pencurian Data di Internet Serta Cara Pencegahannya

13 September 2021   05:45 Diperbarui: 13 September 2021   05:56 229 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
jaringan internet | pixabay.com

"Tempat yang paling (ny)aman adalah tempat yang paling berbahaya"

Hidup di era internet, memang ngeri-ngeri sedap. Di saat kita dimudahkan dengan berbagai hal, baik itu urusan bisnis, pendidikan, pertemanan dan lain sebagainya, saat itu pula kita harus selalu waspada dengan berbagai bahaya yang setiap saat mengancam dan siap menerkam kita.

Berbagai berita dan informasi yang kita terima dan bersliweran di berbagai media sosial kita, tentang kebocoran dan pencurian data yang terus saja terjadi, mau tidak mau, tentu, membuat kita menjadi was-was.

Akun chatting dan media sosial yang dibajak, kebocoran hingga pencurian data pribadi pengguna aplikasi,  data cctv pribadi yang tiba-tiba beredar, akses wifi yang bocor, smart home yang tiba-tiba seperti ada yang mengendalikan di luar jangkauan kita, dan lain sebagainya.

Internet, yang mau tidak mau sudah menjadi bagian dari kehidupan kita yang tidak bisa kita tinggalkan.

Lalu, apa yang dapat kita lakukan agar kita terhindar dari semua bahaya di internet? Apa dan bagimana sebenarnya kebocoran dan pencurian data di internet dapat terjadi?

Sebelum kita membicarakannya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa sebenarnya itu internet dan bagaimana sebenarnya alur komunikasi atau lalu lintas data antara kita sebagai pengguna dengan penyedia layanan data atau antar pengguna data.

Internet: Sebuah Jaringan Komunikasi Global

Internet secara teknis merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan komputer lokal yang saling terhubung membentuk sebuah jaringan global. 

Sebuah jaringan komputer sendiri terdiri dari beberapa perangkat komputer yang tidak terbatas hanya pada komputer server, desktop dan atau laptop namun termasuk juga tablet, smart phone, smart tv, dan sebagainya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan