Mohon tunggu...
Didik Djunaedi
Didik Djunaedi Mohon Tunggu... Penulis, Editor dan Penikmat Hiburan

Editor, penulis, dan penikmat hiburan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Lagi, Apple sebagai Merk Termahal di Dunia

7 November 2014   20:24 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:23 196 1 1 Mohon Tunggu...

Baru-baru ini majalah ekonomi dan bisnis terkemuka, Forbes, mengeluarkan daftarThe World’s Most Valuable Brands untuk tahun 2014 dan menempatkan Apple sebagai merk paling berharga di dunia. Dengan demikian, dalam lima tahun berturut-turut perusahaan bermarkas di Cupertino, California, AS ini menempati posisi puncak ini. Sebuah prestasi yang tidak main-main.

Berdasarkan riset dan penelitian Majalah Forbes, Apple Inc. menyabet gelar prestisius ini dengan brand value sebesar $124,2 miliar yang berarti tertinggi di antara merk-merk lain, bahkan nilai ini melebihi gabungan nilai Microsoft dan Google yang keduanya berada di posisi 2 dan 3. Nilai ini naik 19% dibandingkan tahun lalu.

Keberhasilan Apple ini tentu saja tidak lepas dari peluncuran iPhone 6 dan 6 Plus yang fenomenal tahun ini. Pada kuartal lalu saja seri iPhone terbaru ini telah membukukan penjualan 39,3 juta unit dan diprediksi hingga akhir tahun akan terjual tidak kurang dari 60 juta iPhone 6/6 Plus di seluruh dunia. Angka penjualan ini menjadi rekor penjualan smartphone. Pukulan telak Apple terhadap Samsung di negerinya sendiri saat preorder iPhone 6 dan kemampuan menggeser dominasi Samsung di China menjadi bukti masih kuatnya iPhone di mata pengguna smartphone.

Berbicara tentang sukses penjualan produk premium, Apple memang juaranya. Kombinasi desain, teknologi dan kemasan yang dilakukan Apple memang mendatangkan kepercayaan konsumen untuk rela membayar harga berapa pun terhadap produk-produknya. Tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi inilah salah satu faktor sukses bertahun-tahun sebagai merk yang paling berharga di dunia.

Sebuah survei terakhir yang diadakan China Brand Research Centre terhadap belasan ribu warga China di 30 kota menunjukkan bahwa Apple sebagai produsen iPhone memiliki tingkat kepercayaan tinggi. Meskipun menempati posisi kedua dalam pangsa pasar ponsel di seluruh dunia di bawah Samsung, nama Apple dianggap bisa diandalkan ketimbang Samsung yang dalam daftar Forbes ini berada di posisi 8.

Di tempat kedua dalam daftar Forbes ini adalah Microsoft yang mengantungi brand value sebesar $63 miliar, naik 11% setelah 3 tahun sebelumnya flat. MS yang sebelumnya kuat di bisnis software ini perlahan mulai bertransisi ke industri mobile setelah membeli Nokia dan menjadikannya Lumia sebagai brand mobile mereka.

Google tahun ini naik dua tingkat menduduki peringkat ke-3 dengan brand value sebesar $56,6 miliar, naik 19% juga. Perusahaan mesin pencarian dan kini pemilik OS Android ini tercatat sebagai peraup profit terbesar dalam dunia periklanan modern, tidak kurang dari $16 miliar pada tahun 2013. Akan tetapi, Google jugamenjadi salah satu pembelanja iklan terbesardi sektor teknologi dengan nilai sebesar $2,8 miliar.

Dalam 13 tahun terakhir daftar yang dibuat majalah Forbes ini selalu didominasi perusahaan-reusahaan teknologi. Dan tahun ini tercatat hanya tiga prusahaan nonteknologi yang masuk dalam Top 10, yaitu Coca Cola (4), McDonalds (6), Louis Vuitton (10).

Top Ten World’s Most Valuable Brands:

1.Apple Inc. ($124,2 mil)

2.Microsoft ($63 mil)

3.Google (56,6 mil)

4.Coca Cola ($56,1 mil)

5.IBM ($47,9 mil)

6.McDonald’s ($39,9 mil)

7.General Electric ($37,1 mil)

8.Samsung ($35 mil)

9.Toyota ($31,3 mil)

10.Louis Vuitton ($29,9 mil)

Sumber: Forbes dan berbagai sumber

VIDEO PILIHAN