Mohon tunggu...
Didan Syahputra
Didan Syahputra Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pekanbaru

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Makna Sumpah Pemuda pada Generasi Bangsa Indonesia

28 Oktober 2020   12:28 Diperbarui: 28 Oktober 2020   12:45 6 1 0 Mohon Tunggu...

Sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 oktober, yaitu hari nasional yang di tetapkan oleh pemerintah untuk memperingati hari yang sangat bersejarah ini. Sumpah pemuda ini berisi tentang pernyataan-pernyataan  dari pemuda-pemudi bangsa indonesia yang menyatu bertumpah darah yang satu dan menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa indonesia.

Sumpah pemuda yang berbunyi:"Kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu , bangsa indonesia. kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia". Sumpah pemuda yaitu suatu tiang utama pada sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dianggap sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia.

Pada hari sumpah pemuda, beberapa sekolah,maupun tempat umum dan instansi memperingatinya dengan berbagai acara-acara tertentu dan juga berbagai perlombaan. Akan tetapi karena adanya pandemi kegiatan tersebut belum bisa dilaksanakan
Sebagai gantinya, pihak- pihak tertentu memperingati hari sumpah pemuda dengan poster-poster dan status-status mengenai sumpah pemuda yang dibagikan melalui media sosial serta media online.

Pada perayaan hari sumpah pemuda ini, masyarakat melatar belakangkan para pemuda-pemudi di Indonesia untuk meneruskan generasi yang baik dan maju, karena suatu kemajuan bangsa ada ditangan pemuda Indonesia, kita sebagai pemuda bangsa Indonesia harus bisa menjunjung tinggi pada Negara kita ini, karena kita para pemuda-pemudi bangsa Indonesia memiliki inspirasi, kekuatan, kreatifitas, berenerjik, serta mental dan tekad yang kuat untuk bersama menopang kemaujan bangsa.

Oleh karena itu kita sebagai pemuda Indonesia harus bisa bangga pada Negara serta menjunjung tinggi bangsa Indonesia, walaupun dalam keadaan pandemic saat ini, kita diharuskan pantang menyerah untuk mencapai keinginan dan cita-cita meneruskan generasi-generasi terdahulu agar tetap bisa mempertahankan dan menjujung tinggi Negara yang kita cintai ini, bangsa Indonesia.

Kita sebagai pemuda generasi baru harus mempertahankan  kemerdekaan yang telah diraih susah payah oleh para pemuda zaman dahulu. Generasi milenial harus menerapkan makna sumpah pemuda dalam dirinya, dan bersatu berjuang melawan  dan mengatasi permasalahan  yang dihadapi bangsa ini. Dengan menjadi pemuda yang berprestasi, cerdas dan kreatif. Generasi milenial harus mencontoh semangat para pemuda dahulu dalaam merebut kemerdekaan untuk Indonesia. Kita sebagai generasi muda harus semangat dalam membangun negeri dan menghindari perpecahan bangsa.

-Untuk memenuhi tugas kewarganegaraan

-Nama                         : Didan Syahputra

-Dosen Pengampu : Ilham hudi, S.Pd, M.Pd.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x