Mohon tunggu...
Dicky Hari Purnomo
Dicky Hari Purnomo Mohon Tunggu... Ikut serta dalam karya penyempurnaan ciptaan Ilahi

Memulai karier dari seorang Sales alat teknik sejak 2005 ,sampai 2010 mulai mencoba menjadi marketer alat kebersihan. Karena sudah merasa cukup sampai tahun 2016 mencoba ber wirausaha di bisnis besi dan alat keselamatan kerja sampai sekarang. Semenjak Corona melanda, memaksa merubah halauan dari off line marketing menjadi digital marketing. Sekarang saya seorang pemula yang ingin belajar dunia maya. Salam Sehat dan waras bagi seluruh masyarakat Indonesia!

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Sheet Metal Working di Dunia Fabrikasi

29 September 2020   20:49 Diperbarui: 29 September 2020   22:48 167 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sheet Metal Working di Dunia Fabrikasi
Bending

Apa itu Sheet Metal Working? Artikel memberikan informasi dasar serta definisi istilah yang relevan dan secara singkat memperkenalkan proses manufaktur, bahan, perkakas, dan mesin sheet metal.

Sheet metal bukanlah bahan tertentu. Sebaliknya, istilah ini digunakan untuk logam yang telah dibentuk menjadi bentuk lembaran. Biasanya, lembaran logam ini memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran ketebalan lembaran jauh di bawah ukuran panjang dan lebarnya.

Selain baja, banyak logam lain seperti tembaga, aluminium dan emas serta paduan kuningan dapat diolah menjadi lembaran logam. Namun, untuk dapat diolah menjadi lembaran logam, bahan yang digunakan harus memiliki karakteristik khusus, yaitu memiliki ketangguhan dan kekerasan tertentu, serta tentu saja memiliki keulet yang tinggi supaya dapat dibentuk. Persyaratan ini mengakibatkan pembatasan terkait bahan yang dapat digunakan. Jadi, tidak mungkin untuk mengolah bahan yang sangat rapuh atau sangat keras/getas menjadi lembaran logam.

Menurut hal ini, lembaran logam adalah produk setengah jadi yang dapat diproduksi di area yang luas, dimana lembaran umumnya ringan, tipis, stabil, elastis dan memiliki permuaan rata. Karena spesifikasi ini, maka cocok untuk semua jenis kelongsong dan penutup. Selain itu, lembaran logam dapat dideformasi dengan berbagai cara, yaitu dapat dilas, ditekuk, dilubangi atau dipotong. Berbagai macam bentuk dapat dibuat dari lembaran logam, itulah sebabnya logam ini digunakan sebagai bahan awal untuk berbagai macam produk.

Apa itu sheet metal working?

Istilah "sheet metal working" mencakup sejumlah besar proses manufaktur. Pada dasarnya, kata sheet metal working mengacu pada pembuatan produk, komponen dan bagian yang terbuat dari logam. Selain pengelasan, pemotongan, dan pembengkokan, proses pengolahan lembaran logam juga mencakup pelubangan, pembentukan, penggulungan dan penyambungan.

Berikut ini subkategori sheet metal working :

  • Welding
  • Gluing
  • Bending
  • Piercing
  • Drawing
  • Steel construction
  • Layer forming
  • Heating coil
  • Cutting
  • Slitting
  • Bending punching
  • Laser cutting

Dalam kerangka pemrosesan lembaran logam, lembaran lunak dan tahan gesekan dapat diproduksi, di mana karakteristik yang berbeda tersebut dapat diperoleh dari paduan unsur yang berbeda. Misalnya, ada banyak elemen yang dapat ditambahkan ke baja dalam keadaan cair selama pengerjaan logam dan yang menentukan sifat material lembaran logam yang dihasilkan. Selain silikon, nikel dan kromium, unsur-unsur seperti titanium, tembaga, niobium dan molibdenum dapat ditambahkan untuk membentuk karekteristik logam.

Dalam pengerjaan logam, lembaran dapat dibuat dari berbagai jenis baja, aluminium dan logam lainnya. Untuk mengkategorikan lembaran yang berbeda, ada standar yang menggolongkan bahan menurut propertinya. Selain itu, nomor bahan diperkenalkan untuk memastikan struktur lembaran yang jelas.

Sejarah singkat Lembaran Logam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x