Mohon tunggu...
Dicky Saputra
Dicky Saputra Mohon Tunggu... Berfokus pada apa yang bisa dilakukan.

Berfokus pada apa yang bisa dilakukan.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

6 Tanda Media Sosial Telah Menyabotase Hidup Anda!

28 Mei 2020   11:02 Diperbarui: 29 Mei 2020   03:38 379 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Tanda Media Sosial Telah Menyabotase Hidup Anda!
Ilustrasi (Sumber: Unsplash/Jakob Owens)

Saya, Anda, dan banyak orang lain kini menghabiskan waktu dalam kesehariannya untuk online. Entah itu mengirim email, chat, cari resep makanan, cari ide hadiah untuk anak, dan lain-lain.

Data menunjukkan kalau orang-orang menghabiskan hampir 100 hari dalam setahun untuk online. Itu setara dengan sekitar 48 jam seminggu di waktu sadar kita. Dan dari semua itu, dua jam per harinya dihabiskan untuk membuka media sosial.

Untuk Anda yang bekerja di media sosial, mungkin itu bagus, tapi untuk orang lain, mengaksesnya bisa mempunyai pengaruh yang cukup serius untuk kesehatan fisik dan mental.

Betul, media yang menghubungkan kita dengan banyak orang tersebut juga ada sisi positifnya. Kita bisa terhubung dengan mereka yang jauh atau sekadar mengingatkan tanggal-tanggal penting keluarga kita.

Tapi, terlepas dari sisi positifnya, tentu kita tidak bisa mengabaikan sisi negatif dari media tersebut dalam hidup kita.

Sebuah studi menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengakses media sosial, terpengaruh secara signifikan akan kesehatan mental, fisik, dan kehidupan sosialnya.

Pertanyaan yang harus diajukan pada diri kita masing-masing adalah apakah kita termasuk orang-orang yang mengambil manfaat atau justru terobsesi dan terpengaruh olehnya?

Kita bisa cek apakah kita mengalami tanda-tanda berikut ini yang menunjukkan kalau hidup kita sudah disabotase oleh media sosial.

6 Tanda Kita Terobsesi dengan Media Sosial

  • Anda tidak bisa lepas dari media sosial

Coba Anda googling tentang "cara mengurangi waktu di media sosial". maka muncullah sekitar 23.300.000 hasil pencarian dalam waktu 0.39 detik! Apa artinya?

Anda tidak sendirian. Bukan hanya Anda yang kesulitan untuk mengurangi waktu untuk online di dunia maya tersebut. Malahan, ada sebuah riset yang mengatakan kalau media sosial ternyata lebih adiktif dari rokok! Anda bisa bayangkan itu.

Bukan hanya sulit untuk menahan diri supaya tidak online, tapi semakin sering Anda akses setiap harinya, maka akan semakin sulit untuk mengurangi waktu online Anda.

  • Anda tidak bisa menyelesaikan tugas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x