Mohon tunggu...
Faradiba NurisSoraya
Faradiba NurisSoraya Mohon Tunggu... HELO

HELO

Selanjutnya

Tutup

Travel

Wisata Edukasi Bogor Minizoo

20 Mei 2019   23:19 Diperbarui: 22 Mei 2019   19:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
Wisata Edukasi Bogor Minizoo
img-1525-5ce539be733c436f35159536.jpg

Bogor merupakan salah satu kota yang memiliki banyak penduduk. Banyak penduduk juga memungkinkan banyaknya wisat-wisata yang dibangun untuk memanjakan masyarakat di Bogor maupun diluar Bogor. Wisata yang ada di di Bogor berbagai macam ada wisata alam, wisata kesehatan, wisata bahari, dan wisata edukasi. Wisata edukasi adalah salah satujenis tempat wisata yangsering dikunjungi oleh anak sekolahan. 

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan cenderung cepat bosan. Misalnya dengan metode belajar dalam ruangan yang selama ini dilakukan di sekolah. Anak akan mengalami kebosanan ketika harus terus berada di dalam kelas dan berkutat dengan buku-buku.Anak-anak cenderung mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, dengan adanya wisata edukasi akan meningkatkan wawasan anak. 

Tidak hanya sebagai sarana piknik bersama, wisata edukasi juga mengajak anak untuk belajar dan melihat lagi apa yang ada di sekelilingnya dengan mata, hidung, kulit mereka sendiri. Sehingga akan lebih menempeldipikiran anak dan memori anak, dibanding jika nak-anak belajar di dalam kelas.
 
Berkenalan dengan Bogor Mini Zoo
 
Wisata edukasi yang bisa didatangi untuk para orang tua dan anak-anak yaitu di Bogor Mini Zoo yang tereletak di Pamoyanan Bogor.  Bogor Mini Zoo menyuguhkan sebuah kebun binatang mini yang lengkao dengan wahana bermain untuk anak-anak dan spot alam menarik. Disini anak-anak bisa mengenal binatang jinak yang berbagai macam jenisnya. Untuk masuk kedalam sini dibutuhkan tiket seharga empat puluh ribu rupiah untuk orang dewasa dan tiga puluh lima ribu untuk anak-anak. Hewan yang ada di Bogor Mini Zoo beranekaragam. Ada domba, sapi, kerbau bule, kuda poni, rusa dan kelinci. 

Untuk kelinci sendiri terdapat rumah kelinci yang bisa kita masuki untuk sekedar memberi makan dan berfoto. Tak hanya kelinci saja yang bisa diberi makan ada kuda dan sapi yang bisa anak-anak beri makan langsung karena disediakan makanan nya secara gratis. Kuda pony di Bogor Mini Zoo juga bisa dinaiki anak-anak jika mereka ingin sekedar berjalan-jalan menyusuri Bogor Mini Zoo dengan kuda atau sekedar berfoto. Bogor Mini Zoo juga memiliki koleksi burung dan ungags yang bisa dinikmati anak-anak. 

Burung yang ada disini ada burung nuri, burung merak dan masih banyak lagi. Untuk unggas ada bebek, ayam dan banyak lagi. Untuk anak-anak yang sudah bisa membaca disini juga disediakan papan informasi mengenai hewan-hewan yang bisa menambah pengetahuan anak. Anak-anak yang lelah jika berjalan kaki menyusuri Bogor Mini Zoo, disini disediakan penyewaan sepeda, becak dan atv yang menyenangkan, harga sewanya juga tidak terlalu mahal cukup dibandol mulai harga dua puluh lima ribu.
 
Manfaat wisata edukasi
 
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak-anak dengan melakukan wisata edukasi. Wisata edukasi bisa dilakukan di kebun binatang, museum, kebun buah,  penangkaran hewan laut, pembudidayaan lebah dan sebagainya. 

Dengan itu mereka bisa mengamati benda, tanaman, hewan yang secara langsung juga melibatkan indera mereka. Manfaat yang bisa didapat anak-anak yaitu menambah wawasan dan ilmu, memancing minat anak-anak akan sesuatu yang baru, kemampuan bersosialisasi, dan anak bisa lebih mejadi pribadi yang kreatif. Mulai ajak anak-anak untuk lebih senang datang ke wisata edukasi karena setelah datang ke tempat wisata edukasi anak-anak bisa mendapatkan wawasan dan pengalaman yang baru.